Mengapresiasi Komitmen PBESI Majukan Esport Indonesia - BERITA KALIMANTAN

Selasa, 06 Desember 2022

Mengapresiasi Komitmen PBESI Majukan Esport Indonesia



Oleh :  Made Raditya )*


Apresiasi tinggi disampaikan oleh banyak pihak atas kesuksesan Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) yang menyelenggarakan IESF Bali 14th World Esports Championship di Bali. Hal tersebut tentu tidak bisa terlepas dari peran dan komitmen Bapak Budi Gunawan selaku Ketua Umum PB ESI yang berkomitmen untuk terus memajukan ekosistem esport Tanah Air.

PBESI yang diketuai oleh Budi Gunawan telah sangat sukses dalam penyelenggaraan ajang Indonesia Esports Summit: Bali 14th World Esports Championships 2022. Bahkan, tidak sedikit pihak yang mengaku bahwa perhelatan tersebut menjadi ajang esports outdoor terbesar di dunia.

Tentunya pengakuan tersebut menjadi sangat membanggakan nama Indonesia. Terlebih, terdapat harapan bahwa dengan suksesnya IESF Bali 14th WEC  sejak 2-11 Desember 2022, bisa turut mengangkat pertumbuhan ekonomi kreatif dan juga sektor pariwisata di Tanah Air.

Dengan penyelenggaraannya di Bali, tentu juga akan menarik banyak pengunjung asing untuk datang ke Pulau Dewata sehingga mereka bisa menikmati keindahan Bali. Sejauh ini, pihak PBESI sendiri juga sudah mengemas ajang tersebut dengan tema sport tourism.

Perhelatan acara esports internasional tersebut juga bisa memperkenalkan keberagaman budaya Nusantara di mata dunia. Pasalnya, banyak sekali pertunjukan-pertunjukan yang disajikan dengan menggunakan budaya khas Tanah Air. Terdapat penampilan marching band dan Paskibra, exclusive opening set Wonderland Indonesia yang menjadi simbolisasi dari bagaimana dunia disambut masuk ke Indonesia, terdapat pula penampilan tarian kecak, musikal dan koreo lagu Indonesia Pusaka, penampilan Tari Saman, kolosal voice Bagimu Negeri hingga penampilan lainnya yang memperpadukan bagaimana budaya Tanah Air dengan kesenian modern.

Mengenai bagaimana perhelatan event esport internasional yang diselenggarakan oleh PBESI di Bali tersebut, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora RI), Zainudin Amali menyatakan bahwa pihaknya terus mendukung segala upaya PBESI untuk bisa terus meningkatkan ekosistem esports Tanah Air hingga ke kancah dunia. Dirinya juga berharap supaya seluruh atlet esport Indonesia bisa terus mengharumkan nama bangsa.

Sementara itu, Ketua Harian PBESI, Bambang Sunarwibowo menyatakan bahwa dirinya sangat penuh akan optimisme terkait dunia esports Indonesia yang akan mampu menjadi barometer dunia, terutama mengetahui seperti apa kesuksesan penyelenggaraan Indonesia Esports Summit 2022 Bali 14th World Esports Championships.

Bambang Sunarwibowo menjelaskan bahwa dalam kesuksesan penyelenggaraan event esport internasional di Bali itu juga sama sekali tidak bisa dilepaskan dari bagaimana koordinasi dan sinergitas baik antara phak PB ESI dengan banyak pihak terkait lainnya seperti Kemenpora hingga Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Bukan hanya itu, namun pihak PBESI juga menjalin kerja sama dengan berbagai organisasi komunitas esport nasional untuk bisa menentukan berbagai kebutuhan serta kepentingan fundamental.

Salah satu wujud komitmen lain PB ESI dalam memajukan Esports adalah keberadaan akademi Garudaku. Keberadaan akademi Esports di bawah naungan PB ESI, merupakan upaya untuk mencetak atlet-atlet berprestasi. Hal itu ditegaskan Kepala Program Akademi Garudaku (akademi esports resmi PB ESI), Robertus Aditya Pratomo Putro bahwa konsep seluruh pengajarannya sudah sangat sesuai dengan visi-misi yang dimiliki oleh PB ESI. Visi-misi tersebut yakni salah satunya adalah mampu tetap mencetak atlet esports berkualitas dan juga berprestasi di bidang akademik.

Robertus menegaskan bahwa dengan segala program pendidikan yang diberikan oleh Akademi Garudaku akan mampu mencetak para atlet esports yang juga menyadari penuh bahwa sangat penting pendidikan untuk peningkatan kompetensi mereka.

Hasil binaan PB ESI terhadap atlet Esports Indonesia juga terlihat saat Indonesia Berhasil menumbangkan Timnas Filipina dalam permainan Mobile Legends Bang Bang (MLBB). Dalam kejuaraan internasional Esports yang digelar di Bali tersebut, Timnas MLBB mengalahkan Timnas Filipina dengan skor 2-0. Kemenangan tersebut berhasil dipersembahkan oleh Timnas Indonesia yang diwakili oleh Tim Evos.

Terkait hal tersebut Pelatih Tim Nasional Indonesia untuk pertandingan Mobile Legend Bang Bang dalam ajang World Esports Championships 2022, Coach Bjorn mengaku bahwa dirinya sangat senang atas keberhasilan timnya mengalahkan Timnas Filipina. Sementara itu, Ketua Pelatih Timnas Indonesia, Yohannes P. Siagian mengaku bahwa keberhasilan tim untuk menumbangkan Filipina adalah buah dari kerja keras seluruh pihak selama ini.

Tidak hanya Filipina, Timnas Indonesia juga berhasil mengalahkan Tim Argentina dalam ajang MLBB World Esports Championships 2022 dengan skor 2-0. Selanjutnya Timnas Indonesia berkomitmen untuk langsung berfokus dan meningkatkan latihannya serta bersiap dalam pertandingan melawan Kamboja.

Hasil kemenangan yang diperoleh ini juga tidak bisa dilepaskan dari bagaimana peranan para pendukung setia Timnas Indonesia yang bahkan rela datang secara langsung ke Merusaka, Nusa Dua, Bali. Dengan antusiasme dari para pendukung tersebut, berhasil membuat seluruh pemain menjadi jauh lebih bersemangat untuk bisa mencetak poin.

Komitmen PB ESI untuk memajukan Esport Indonesia memang tidak bisa dipandang sebelah mata. Kesukesan tersebut sama sekali tidak bisa dilepaskan dari bagaimana komitmen Budi Gunawan sejak awal dilantik sebagai Ketum PB ESI untuk terus memajukan dunia esport Tanah Air. Dengan adanya berbagai capaian positif ini, kedepan dunia Esports Indonesia diharapkan dapat mengharumkan nama Indonesia di level internasional. 


)* Penulis adalah kontributor Persada Institute


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda