PMI Apresiasi Komitmen Nyata BIN Membangun SDM Papua - BERITA KALIMANTAN

Minggu, 19 Maret 2023

PMI Apresiasi Komitmen Nyata BIN Membangun SDM Papua

Papua – Pembangunan gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) sebagai tempat pengembangan bakat dan keterampilan anak muda Papua berjalan sesuai rencana. Di atas luas lahan 1,5 Ha, bangunan yang diinisiasi Kepala BIN, Jenderal Pol (Purn) Prof Budi Gunawan bersama dengan Presiden Joko Widodo ini disambut antusias dan mendapat apresiasi dari para pemuda dan masyarakat Papua.

PYCH yang akan diresmikan oleh Presiden Jokowi pada Maret ini akan difungsikan sebagai sarana untuk mengakomodasi kreativitias bagi anak muda Papua.

Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Papua Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR, Corneles Sagrim menyatakan dukungannya terhadap pembangunan PYCH.

“Gedung PYCH memiliki luas bangunan utama 3.520 meter persegi dan bangunan penunjang 1.812 meter persegi. Proyek tersebut dimulai sejak Oktober dan ditargetkan selesai Desember 2022” ujarnya

Groundbreaking yang dilaksanakan pada Oktober 2021 lalu dihadiri Presiden Jokowi dan Kepala BIN, Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan, S.H, M.Si.  Kedepan, gedung itu akan digunakan untuk mengembangkan talenta muda Papua.

“Gedung PYCH akan digunakan oleh Papua Muda Inspiratif (PMI) untuk mengembangkan kreatifitas dan inovasi berbasiskan kemajuan teknologi guna mewujudkan talenta muda yang unggul dan bersaing tinggi serta dibina secara komprehensif berkelanjutan oleh BIN”, lanjut Corneles Sagrim.

Sementara itu, Sekretaris PMI Provinsi Papua, Vitha fadiban menyampaikan terimakasih kepada Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dan Kepala BIN, Jenderal Pol (Purn) Prof. Dr. Budi Gunawan, S.H, M.Si atas dukungan luar biasa dan nyata dalam menstimulus pengembangan anak muda Papua untuk berkreasi dan berinovasi  guna mempersiapkan generasi muda yang unggul dan berdaya saing tinggi.

 “Kehadiran gedung Papua Youth Creative Hub akan membantu generasi muda Papua dalam membuat karya-karya dan melakukan segala hal yang bisa dilakukan untuk kebaikan masyarakat tanah Papua” ungkapnya.

Sebelumnya, BIN dan PMI juga telah melakukan pembinaan terhadap SDM muda Papua. Salah satu diantaranya pengembangan perkebunan jagung di Papua Barat guna mewujudkan tanah Papua sebagai sentra pangan nasional.

BIN bersama PMI memberdayakan ratusan warga untuk bekerja di lahan jagung Kampung Sitori, Distrik Kebar Timur, Kabupaten Tambrauw, Papua Barat.

"Sampai saat ini, kami akomodasi setiap kepala suku yang ada di wilayah untuk melakukan pekerjaan, baik pemuda dan orang tua. Sebanyak 120 orang sudah bekerja," kata Koordinator PMI Kebar Timur Daud Amnan.

BIN dan PMI terus berkomitmen untuk meningkatkan ekonomi masyarakat Papua dan Papua Barat. Hal itu sejalan dengan Instruksi Presiden Nomor 09 Tahun 2020 tentang Percepatan Kesejahteraan di Papua dan Papua Barat.

Ada sekitar 200 hektare lahan kosong milik warga yang dipercayakan kepada PMI untuk dikelola. Saat ini sudah ada 70 hektare lahan yang sudah ditanami jagung.

Selain itu, PMI dengan dukungan BIN berhasil menggandeng investor yaitu perusahaan PT Nuansa Lestari Sejahtera untuk turut serta mengelola tanaman jagung itu agar berjalan dengan maksimal.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda