Resmikan PYCH, Jokowi: Kaum Muda Papua Harus Maju Dengan Kreativitas - BERITA KALIMANTAN

Selasa, 21 Maret 2023

Resmikan PYCH, Jokowi: Kaum Muda Papua Harus Maju Dengan Kreativitas

Jayapura – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) di Kota Jayapura, pada Selasa (21/3). Gedung PYCH dibangun untuk memajukan kaum muda Papua dengan kreativitas. Peresmian ini menjadi bukti kepedulian negara kepada generasi muda Papua yang diharapkan dapat memajukan daerahnya sendiri.

Prosesi peresmian dilakukan dengan penekanan tombol bersama-sama, Presiden Jokowi didampingi oleh Budi Gunawan (Kepala Badan Intelijen Negara), Prabowo Subianto (Menteri Pertahanan), Bahlil Lahadalia (Menteri Investasi/Kepala BKPM) dan Muhammad Ridwan Rumasukun (Plh. Gubernur Papua).

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengatakan pembangunan PYCH tidak terlepas dari pengaruh puluhan anak-anak Papua yang pernah diundang ke Jakarta, beberapa waktu lalu. Ini adalah yang pertama di Papua, ini juga akan dibangun di Nusa Tenggara Timur, Papua Barat, Maluku dan Aceh.


“Saya merasa sangat bangga karena permintaaan 23 anak muda Papua dapat kita lihat bersama di PYCH Jayapura. Saya juga minta agar dibangun di NTT, Papua Barat, Maluku dan Aceh. Jokowi juga berharap keberadaan PYCH dapat memberikan kesejahteraan dan kemajuan bagi masyarakat di Papua,” kata Presiden Jokowi.

Ditegaskannya bahwa pembangunan Indonesia sekarang bukan Jawasentris, tapi Indonesia Sentris dan Papua menjadi prioritas. Pembangunan di Papua dapat dilihat secara nyata dari Jalan Trans Papua, Jembatan Youtefa di Jayapura, perbaikan bandara di Sorong dan Wamena, serta pembangunan Pos Lintas Batas di Skouw dan Bovendigul.

“Pembangunan Indonesia sekarang bukan Jawasentris tapi Indonesia Sentris, Papua jadi prioritas. Pembangunan di Papua dapat dilihat secara nyata dari Jalan Trans Papua, Jembatan Youtefa di Jayapura, perbaikan bandara di Sorong dan Wamena, pembangunan pos lintas batas di Skouw dan Bovendigul,” tutur Jokowi.

Presiden juga menambahkan bahwa anak anak muda yang ingin berkreatifitas dan berinovasi semuanya memiliki peluang karena di Papua, dan peluangnya sangat besar sekali. Diharapkan dapat memberikan peningkatan kesejahteraan masyarakat Papua.

“Pemuda Papua harus memiliki semangat juang untuk maju sehingga kreatifitas dan inovasi yang ada bermunculan dan dapat di asah. Dengan begitu, mereka bisa berpeluang untuk maju dan akan memberikan kesejahteraan,” tutur Presiden.

Sebelum peresmian gedung PYCH, Presiden Jokowi juga melakukan video conference bersama para pemuda Papua di tempat lain yang berhasil melakukan pengembangan ataupun peningkatan di berbagai bidang seperti peternakan ayam petelur, pertanian jagung, peternakan babi, maupun budidaya ikan.

Dalam video conference, Presiden Joko Widodo melakukan interaksi dengan para jubir pemuda di daerah-daerah tersebut dengan menanyakan perkembangan usaha-usaha mereka dan bagaimana hasil peningkatan dari usaha-usaha tersebut.

Di lain pihak, para pemuda Papua tersebut mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Presiden Jokowi dan Kepala BIN yang telah mendukung mereka dapat berusaha di berbagai bidang, sehingga dapat memiliki dampak positif bagi anak muda Papua lainnya, sekaligus memotivasi mereka untuk dapat memajukan Papua. **

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda