Buka KTT ASEAN ke-43, Presiden Jokowi: Selamat Datang di Jakarta - BERITA KALIMANTAN

Selasa, 05 September 2023

Buka KTT ASEAN ke-43, Presiden Jokowi: Selamat Datang di Jakarta

Jakarta – Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN resmi dimulai di Jakarta Convention Center (JCC). Pembukaan acara tersebut secara langsung dipimpin oleh Presiden Jokowi.

Dalam sambutannya, Presiden Indonesia Joko Widodo menyambut hangat para pemimpin ASEAN dan menggarisbawahi pentingnya kerjasama yang setara.

"Dengan mengucap bismillahirahmanrirahiim, KTT ke-43 ASEAN dan KTT lainnya dengan ini resmi saya nyatakan dibuka," kata Presiden Jokowi pada Selasa (5/9)

Dirinya pun mengucapkan selamat datang kepada seluruh pemimpin negara dan delegasi yang hadir.

Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa ada pertanyaan tentang persatuan ASEAN di masa depan yang mungkin akan terpecah akibat perbedaan. Namun, menurutnya hal tersebut tidak akan terjadi.

“Sebagai keluarga dan sebagai Ketua ASEAN, saya menegaskan bahwa kesatuan ASEAN sampai saat ini masih terpelihara dengan baik.

Bagi Indonesia, imbuh Presiden, kesatuan itu adalah sebuah harmoni dalam perbedaan, termasuk di dalamnya perbedaan pendapat. Karena perbedaan pendapat justru menyuburkan demokrasi dan menunjukkan bahwa kita sebagai keluarga memiliki kedudukan yang setara.

“Kesetaraan justru menjadi value utama yang kita hormati dan kita junjung bersama dalam bingkai persatuan dan kebersamaan sehingga kapal besar ASEAN dapat terus melaju” tuturnya.

Presiden Jokowi mengingatkan bahwa memang saat ini dunia sedang tidak baik-baik saja. Karena itu, dirinya menegaskan tentang pentingnya kerja sama.

“Dunia memang sedang tidak baik-baik saja, tantangan ke depan semakin berat dan memperebutkan pengaruh oleh kekuatan besar. Tapi ASEAN sudah sepakat untuk tidak menjadi proxy bagi kekuatan manapun untuk bekerja sama dengan siapapun bagi perdamaian dan kemakmuran.” Terang Presiden Jokowi.

Dirinya pun berpesan agar semua negara tidak menjadikan ASEAN sebagai arena persaingan yang saling menghancurkan.

“Jangan jadikan kapal kami ASEAN sebagai arena rivalitas yang saling menghancurkan, tapi jadikan kapal kami ladang untuk menumbuhkan kerja sama, menciptakan kemakmuran, stabilitas dan perdamaian, yang tidak hanya bagi kawasan tetapi juga bagi dunia” terangnya.

Upacara pembukaan KTT ASEAN ke-43 turut dihadiri pemimpin dan perwakilan negara-negara peserta KTT ASEAN, yakni Perdana Menteri (PM) Laos Sonexay Siphandone, PM Kamboja Hun Manet, Ketua Delegasi Thailand Sarun Charoensuwan, dan Presiden Filipina Ferdinan Marcos Jr.

Tidak hanya itu, hadir pula PM Singapura Lee Hsien Loong, PM Malaysia Anwar Ibrahim, PM Vietnam Pham Minh Chinh, PM Timor Leste Xanana Gusmao, PM Kepulauan Cooks Mark Brown, Presiden Bangladesh Mohammed Shahabuddin, dan Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah

*

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda