Ganjar Pranowo Dorong Kemandirian Ekonomi, Relawan Sumbar Gencar Bergerak - BERITA KALIMANTAN

Sabtu, 09 September 2023

Ganjar Pranowo Dorong Kemandirian Ekonomi, Relawan Sumbar Gencar Bergerak

Oleh :  Arifin Kurnia )*

Ganjar Pranowo merupakan sosok pemimpin yang memiliki komtimen sangat kuat untuk terus mendorong adanya kemandirian ekonomi dari seluruh masyarakat di Indonesia. Maka dari itu, para relawan pendukugnya di Sumatera Barat (Sumbar) juga terus dengan gencar bergerak di tengah masyarakat untuk menyosialisasikan namanya.

Calon Presiden (Capres) yang diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Ganjar Pranowo menyambut dengan sangat baik bagaimana upaya akan hilirisasi industri yang telah dicanangkan oleh Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi). Menurutnya, upaya atau langkah tersebut jelas sekali akan sangat membantu Tanah Air dalam mencapai kemandirian ekonomi.

Diketahui bahwa memang selama ini hasil ekspor produk nikel yang merupakan langkah dari hilirisasi dilakukan oleh Indonesia terus meningkat. Pada tahun 2022 saja nilai bisa mencapai hingga sebesar 33,81 miliar Dollar AS atau sekitar 504,2 triliun Rupiah, yang mana angka tersebut menunjukkan adanya kenaikan hingga sebesar 745 persen dari nilai ekspor pada tahun 2017 silam.

Bahkan, Indonesia juga dinobatkan sebagai produsen nikel terbesar di dnia pada tahun 2022 tersebut oleh Badan Survei Geologi Amerika Serkat (USGS). Hal tersebut lantaran pada tahun itu, produksi nikel yang dimiliki oleh bangsa ini diperkirakan bisa mencapai hingga sebanyak 3,3 juta metrik ton.

Tentunya dengan besaran produksi nikel yang dimiliki oleh Indonesia tersebut, menandakan betapa peluang besar bagi Tanah Air dalam terus membangun hilirisasi industri. Maka dari itu, Ganjar Pranowo sendiri juga terus optimis bahwa bangsa ini memang sangat mampu untuk mencapai kemandirian ekonomi melalui langkah hilirisasi tersebut, yang mana akan menciptakan nilai tambah secara signifikan.

Tidak hanya sampai di sana, namun pemimpin yang identik dengan rambut putihnya tersebut juga sudah sepakat untuk terus mendorong terbangunnya kemandirian ekonomi di desa, utamanya setelah badai pandemi COVID-19 melanda dunia dan juga termasuk melanda Indonesia.

Upaya yang dilakukan oleh Ganjar Pranowo dengan terus mendorong dan mendukung terwujudnya kemandirian ekonomi desa adalah dengan terus menampilkan wilayah yang memang dinilainya cukup berhasil, mulai dari para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang cukup berhasil serta usaha lainnya di level lokal terus ditampilkan agar bisa ditiru oleh masyarakat lainnya dalam rangka secara bersama-sama mampu menciptakan kemandirian ekonomi.

Lantaran bagaimana komitmen kuat yang dimiliki oleh pemimpin berusia 54 tahun tersebut dalam membangun, mewujudkan dan terus mendorong seluruh masyarakat supaya mampu mewujudkan kemandirian ekonomi, maka hal tersebut menginspirasi kelompok relawan yang menamakan diri mereka sebagai Mak Ganjar di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Para relawan tersebut juga bertekad untuk terus mampu menghadirkan banyak sekali kebermanfaatan di setiap kegiatan yang mereka lakukan di tengah masyarakat, utamanya memang kegiatan tersebut ditujukan bagi kaum perempuan atau ibu-ibu.

Salah satu dari sekian rangkaian kegiatan bermanfaat yang dilakukan oleh relawan dari Calon Presiden (Capres) partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu adalah dengan mengajak kaum ibu di Jalan Sapek Raya Kampung Jambak, Kelurahan Batipuh Panjang, Kecamatan Koto Tengah, Padang, Sumatera Barat untuk terus berkarya lewat pelatihan merajut.

Terkait dengan adanya kegiatan tersebut, Koordinator Wilayah (Korwil) Mak Ganjar Sumbar, Ulfa Yulida menyatakan bahwa pelatihan tuu memang sebagai bentuk adanya komitmen yang sangat kuat dari pihaknya dalam terus mendorong terwujudnya pemberdayaan akan peran para perempuan, khususnya di bidang ekonomi.

Di samping karena memang upaya pelatihan yang mereka lakukan itu sangat berpotensi dan bernilai ekonomis, namun kegiatan yang dilakukan oleh para relawan dari pendukung pemimpin kelahiran Kabupaten Karanganyar tersebut juga ternyata sangat banyak memiliki manfaat lainnya karena juga dapat dimanfaatkan oleh para ibu-ibu sebagai pengisi waktu luang mereka dengan kegiatan yang positif.

Pasalnya, Ulfa menilai bahwa dengan adanya pengisian waktu luang dengan banyak kegiatan bermanfaat seperti merajut itu maka jelas sekali akan mampu untuk menghilangkan stress, termasuk juga bisa melatih otot, mengembangkan kognitif otak serta dapat semakin meningkatkan kepercayaan diri dari para kaum perempuan di Sumatera Barat.

Selain itu, dengan kegiatan merajut maka mereka juga dapat mencari berbagai macam inspirasi baru, yang mana nanti hasil rajutan tersebut bisa untuk dibuat sendiri ataupun diberikan kepada orang tersayang. Tidak hanya itu, namun hasil rajutan tersebut juga bisa menjadi produk industry home untuk semakin meningkatkan peranan dari para pelaku UMKM dan juga pemberdayaan wanita.

Gencarnya seluruh relawan pendukung Ganjar Pranowo di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) untuk terus menyosialisasikan namanya di tengah masyarakat secara luas dengan banyak kegiatan yang positif, salah satunya adalah dengan pelatihan merajut kepada ibu-ibu tersebut juga sama sekali tidak bisa dilepaskan dari bagaimana sosok Ganjar yang merupakan pemimpin memiliki concern untuk terus mendorong adanya kemandirian ekonomi dari masyarakat.

)* Penulis adalah kontributor GERBANG (Gerakan Bersatu Untuk Ganjar Pranowo Menang)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda