Masyarakat Papua Bangga dan Bersyukur dengan Adanya DOB - BERITA KALIMANTAN

Minggu, 17 September 2023

Masyarakat Papua Bangga dan Bersyukur dengan Adanya DOB

Oleh : Diane Ronsumbre )*

Penambahan 4 Daerah Otonomi Baru (DOB) membawa banyak kemajuan bagi Papua. Oleh karena itu masyarakat di Bumi Cendrawasih sangat bangga karena daerahnya makin bagus. Mereka berterima kasih dan bersyukur karena DOB membuat Papua lebih rapi dan modern. Dengan adanya 4 DOB maka ada pemerataan pembangunan di seluruh wilayah Papua.

Sejak tahun 2022 sudah ada 4 DOB di Papua yakni Provinsi Papua Tengah, Papua Barat Daya, Papua Selatan, dan Papua Pegunungan. Masyarakat Papua lega karena akhirnya mereka memiliki provinsi baru dan pemekaran wilayah ini memang permintaan dari mereka sendiri. Dengan adanya DOB maka banyak sekali manfaatnya, di antaranya pelayanan ke warga Papua yang lebih maksimal, dan juga mempercepat pembangunan infrastruktur.

Ketika ada DOB maka masyarakat Papua sangat bangga dan bersyukur. Anggota MRP (Majelis Rakyat Papua) Herman Yoku menyatakan bahwa dirinya bersyukur kepada Tuhan dan berterimakasih kepada pemerintahan era Presiden Jokowi yang telah memenuhi permintaan rakyat Papua untuk membuat DOB.

Herman melanjutkan, sebagai tokoh Papua yang ikut menyampaikan aspirasi ke pemerintah, ia bangga karena berhasil mewujudkan 4 DOB. Oleh karena itu meminta semua pihak bersatu membangun daerahnya masing-masing sesuai provinsi baru yang telah terbentuk. Dalam artian jangan ada permusuhan di kalangan rakyat, tetapi mereka harus bersatu demi kemajuan Papua.

Setelah ada 4 DOB maka pelayanan publik di Papua semakin terjangkau daripada sebelumnya. DOB Papua menjadi salah satu keseriusan Pemerintah untuk membangun Indonesia secara merata, khususnya di kawasan timur yang terus diperhatikan dengan baik.

Kemudian, akan muncul kemudahan-kemudahan yang dapat dijangkau oleh masyarakat setempat. Hal ini mengakibatkan tingkat kesejahteraan warga meningkat seiring berjalannya waktu. DOB yang dibangun itu menjadi harapan untuk dapat mendekatkan pelayanan terhadap masyarakat setempat, sehingga kemudahan akses dan fasilitas publik juga menjadi semakin mudah.

DOB dinilai sebagai langkah aktualisasi dan mengoptimalkan potensi yang ada di daerah. Pasalnya, daerah memiliki kewenangan untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat. Tak hanya itu, pemerintah daerah mampu melihat kebutuhan yang mendasar untuk menjadi prioritas pembangunan. Dengan dilaksanakannya Otoda maka pembangunan di daerah tersebut akan maju, berkembang dalam pembangunan daerah, peningkatan pelayanan dan kesejahteraan rakyat.

Sementara itu, anggota Komisi l DPR RI Yan Permenas Mandenas mengakui hingga kini seluruh masyarakat setuju dengan adanya daerah otonomi baru di Papua Barat. Yan menilai DOB akan memberikan dampak positif bagi masyarakat lokal sementara itu pihaknya masih terus berkomunikasi dengan warga asli Papua Barat.

Pemerintah daerah bersama rakyat di daerah itu akan bersama-sama membangun daerah untuk kemajuan dan kepentingan bersama. Misalnya wilayah adat Saireri dan kemudian wilayah adat Animha. Masyarakat di Papua Selatan mendukungnya.

Dukungan dari masyarakat Papua Selatan dan provinsi lain sangat penting demi kemajuan di Papua secara keseluruhan. Mereka bahagia karena pemerintah membuat provinsi baru yang merupakan permintaan dari rakyat Papua. Sementara 4 DOB saat ini masih dalam masa penyempuraan, agar layanan ke masyarakat makin bagus.

Apabila pemerintahan DOB tersebut sudah lengkap dan berjalan dengan baik secara keseluruhan, kesejahteraan masyarakat di Bumi Cendrawasih itu juga dapat dipastikan meningkat dengan baik. Segalanya memang butuh proses, dengan kesabaran nantinya mereka akan menuai hasil yang sepadan.

Sementara itu, anggota Komisi II DPR RI, Rico Sia juga mengaku bahwa dirinya sangat bersyukur karena saat ini Papua sudah punya 4 provinsi baru.Ia mewakili masyarakat orang asli Papua (OAP) asal Papua Barat Daya mengungkapkan sangat berterima kasih kepada para pimpinan DPR RI termasuk Pemerintah pemerintah, khususnya Presiden Jokowi.

Dengan adanya 4 DOB maka menjamin adanya pelayanan publik yang menjadi semakin baik bagi masyarakat Papua hingga tahun-tahun ke depan. Ia juga berharap pemerintah pusat untuk bisa membantu berjalannya pemerintahan baru yang berada di Provinsi Papua Barat Daya sehingga keberadaan pemerintah daerah bisa berjalan lancar dan meningkatkan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat di Papua secara jauh lebih merata.

Saat ini pelayanan publik yang diberikan oleh pemerintah pusat bisa berjalan dengan sangat baik dan disalurkan kepada OAP hingga ke seluruh pelosok Bumi Cenderawasih karena terbantu dengan adanya keberadaan pembentukan DOB. Dengan adanya peningkatan pelayanan publik yang semakin baik itu membuat masyarakat di Papua menjadi sangat bersyukur.

Masyarakat Papua sangat bangga akan adanya 4 DOB karena akan ada banyak kemajuan di provinsi-provinsi baru tersebut. Mereka juga bersyukur karena dengan adanya DOB akan membuat pemerataan pembangunan di seluruh Papua. Rakyat Papua berterima kasih karena pemerintah mengabulkan permintaan mereka akan terbentuknya provinsi baru, karena akan mempermudah administrasi dan memicu modernitas di Bumi Cendrawasih.

)* Penulis adalah  Mahasiswa papua tinggal di Manado

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda