Pengamat Akui Tujuh Program Ganjar Mampu Wujudkan Indonesia Emas 2045 - BERITA KALIMANTAN

Jumat, 22 September 2023

Pengamat Akui Tujuh Program Ganjar Mampu Wujudkan Indonesia Emas 2045

JAKARTA — Pengamat Politik dari Universitas Pelita Harapan (UPH), Emrus Sihombing mengakui bahwa sebanyak tujuh program yang ditawarkan oleh Ganjar Pranowo memang mampu untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045 mendatang.

Karena dengan seluruh program tersebut jelas akan menjadikan bangsa ini sebagai negara adidaya dan juga mampu menjadi landasan atau pondasi yang kuat bagi Tanah Air.

"Tujuh program tersebut merupakan jawaban kalau mau masuk ke Indonesia Emas 2045 dan menjadi negara adidaya," kata Emrus.

Menurutnya, ketujuh program yang dikemukakan oleh Capres dari PDI Perjuangan tersebut tentu dapat membangun seluruh sektor di Indonesia.

Karena Indonesia memiliki peluang sangat besar untuk menjadi negara adidaya dengan kepemilikan SDM dan juga SDA yang melimpah.

"Misalnya, di laut, kekayaan maritim kita sangat melimpah. Lalu tambang kita sangat mendukung," ujarnya.

Sebelumnya, dalam acara Mata Najwa, Ganjar Pranowo memang menjelaskan ketujuh program strategis miliknya.

Pertama, membangun sumber daya manusia (SDM) produktif. Kedua, stabilisasi harga bahan pokok; ketiga, kemiskinan ekstrem 0 (nol); keempat, memperkuat jaring pengaman nasional.

Kelima, hilirisasi menuju industri kelas dunia; keenam, meningkatkan nilai tambah infrastruktur; dan ketujuh, mengembalikan alam Indonesia menjadi jauh lebih baik.

Seluruh hal yang disampaikan olehnya merupakan kerja nyata dan bukan pencitraan.
Membahas mengenai pencitraan, Cintya Amanda Labetta, Caleg DPRD DI Yogyakarta Dapil V dari PDI Perjuangan mengemukakan akan berdampak buruk bagi generasi muda.

“Hal ini sering kita jumpai tidak hanya di dunia nyata tapi juga di sosial media, dan kalau kita biarkan terus, maka nanti dampak ke depannya terutama dalam menuju Indonesia Emas 2045 takutnya nanti generasi milenial dan generasi Z akan terdampak,” katanya.

Dalam diskusi bertajuk ‘Politik Anak Muda: Antara Aksi Nyata dan Pencitraan’ yang diselenggarakan di Diskusi Kopi & Ruang berbagi Jakarta Selatan itu, terdapat pula beberapa tokoh lain.

Salah satunya, Once Mekel selaku Musisi sekaligus Caleg DPR RI DKI Jakarta Dapil II mengungkapkan bagaimana Ganjar Pranowo sering memberikan arahan kepada para pemuda mengenai kesungguhan dalam berkarya.

“Perhatian kita harus ke arah itu, sejalan juga dengan apa yang Pak Ganjar suka sosialisasikan kepada para pemuda. Kalau kita bikin suatu hal atau produk apapun itu, harus berkelanjutan dan tidak selesai di satu titik saja,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Pratama Meiditania selaku Caleg DPRD DKI Jakarta Dapil VII menyatakan bahwa sebagai pemuda memang hendaknya mampu terus kritis.

“Ini pengalaman saya beberapa bulan lalu, ada salah satu mahasiswa yang saya senang sekali sama dia, karena kritis dan selalu bertanya,” ungkapnya.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda