Buktikan Kepedulian Pendidikan Vokasi bagi Santri, Ganjar Dukung Ponpes Ciamis Menjadi Universitas - BERITA KALIMANTAN

Selasa, 10 Oktober 2023

Buktikan Kepedulian Pendidikan Vokasi bagi Santri, Ganjar Dukung Ponpes Ciamis Menjadi Universitas

JAWA BARAT — Ungkap pentingnya pendidikan vokasi bagi para santri, Ganjar Pranowo terus mendukung penuh agar Ponpes di Ciamis mampu menjadi Universitas.

Capres dari PDI Perjuangan tersebut juga sempat mengaku bahwa dirinya mendapatkan banyak aspirasi serta masukan terkait pondok pesantren yang ingin menjadi universitas.

Kemudian dirinya menerangkan bahwa di Ponpes Darussalam Ciamis sendiri kini sudah ada Institut Agama Islam Darussalam (IAID), yang mana merupakan perguruan tinggi agama Islam dan menggabungkan pendidikan akademik dengan kepesantrenan.

"Tadi ada masukan agar institutnya bisa menjadi universitas karena sudah satu tahun lebih belum selesai dan kami akan coba bantu komunikasi dengan Gusmen (Menteri Agama) insyaallah lancar," ujar Ganjar.

Pada kesempatan tersebut, mantan Gubernur Jawa Tengah itu juga menekankan pentingnya pendidikan vokasi agar para santri mampu semakin berkembang memiliki keterampilan hidup.

"Umpama pendidikan vokasi di tingkat sekolah, santri-santri agar mereka punya keterampilan hidup kedua kolaborasi produk," ungkap Ganjar.

Ketika pendidikan vokasi sudah datang ke Ponpes, maka menjadikan para santri bisa memiliki produk mereka sendiri, yang mana hal itu nantinya bisa dikolaborasikan dengan perusahaan untuk meningkatkan kualitas pengetahuan anak-anak.

"Jadi biasanya santri-santri punya satu produk di sekolahan bisa dikolaborasikan dengan perusahaan dan sebagainya, maka proses ini bisa membikin anak-anak kita berkualitas pengetahuan anak-anak cukup tinggi termasuk memahami digital ya," imbuh Ganjar.

Ganjar Pranowo sangat optimis bahwa misalnya kolaborasi antara pemerintah dengan pesantren bisa berjalan baik, maka hasilnya akan mewujudkan santri berkualitas.

"Saya kira kolaborasi antara yang punya pesantren dengan pemerintah jadi satu untuk menyiapkan anak-anak diterima di masyarakat menjadi sebuah kewajiban," tuturnya.

Sementara itu, Pengasuh Ponpes Darussalam Ciamis, Prof. Dr. KH. Fadlil Munawwar Manshur menilai bahwa sosok Ganjar Pranowo merupakan seorang pemimpin yang sangat peduli dengan pondok pesantren.

"Kemudian kedua beliau juga memperhatikan pesantren dan cukup besar," ungkapnya.

Dalam kesempatan yang berbeda, kader dari partai politik pimpinan Megawati Soekarnoputri itu juga berkunjung ke Ponpes Miftahul Huda Al-Azhar Citangkolo, Banjar, Jawa Barat.

Sambutan sangat meriah dari para santri datang kepada Ganjar Pranowo dan dirinya didakan agar bisa menjadi Presiden 2024.

Pengasuh Ponpes Miftahul Huda Al-Azhar, KH. Munawir juga mendoakan supaya pemimpin berambut putih itu bisa terpilih dan memimpin Indonesia, kemudian bisa bermanfaat, khususnya untuk warga Nahdlatul Ulama (NU).

"Seumpama nanti Anda jadi Presiden, ya jadi Presiden sing manfaat, berkah, Khususnya untuk Nahdlatul Ulama," tuturnya.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda