Dekat dengan Ulama, Kyai Sepuh di Cirebon Dukung Penuh Ganjar Pranowo - BERITA KALIMANTAN

Senin, 09 Oktober 2023

Dekat dengan Ulama, Kyai Sepuh di Cirebon Dukung Penuh Ganjar Pranowo

Oleh : Fery Irawan )*

Ganjar Pranowo selama ini sudah sangat dekat dengan para ulama dan memiliki banyak sekali program kerja untuk membantu kemaslahatan umat. Maka menjadi tidak heran mengapa para kyai sepuh di Cirebon memberikan dukungan penuh kepada sosok pimpinan berambut putih tersebut.

Kyai Muhammad Faqih Jauhar tampak tersenyum dengan sangat sumringah ketika dirinya melihat kedatangan Calon Presiden (Capres) yang diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) tersebut di Pondok Pesantren (Ponpes) Al Jauhariyah Balerante Cirebon, Jawa Barat.

Tidak sendirian, tokoh agama tersebut bersama dengan para kyai sepuh lainnya langsung menyambut kehadiran Ganjar Pranowo dan bahkan dirinya juga sempat mengalungkan serban dengan warna merah dan putih untuk mantan Gubernur Provinsi Jawa Tengah (Jateng) yang pernah menjabat selama dua periode atau sepuluh tahun terakhir itu.

Pada saat menyambut kedatangan Ganjar Pranowo dan ketika memakaikan serban berwarna merah dan putih itu, kemudian kyai tersebut juga mendoakan agar pemimpin yang identik dengan rambut putihnya tersebut agar senantiasa diberikan kesehatan oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Kedatangan dari suami Siti Atiqoh itu juga turut disambut dengan sangat antusias oleh sebanyak ratusan santri serta masyarakat setempat. Mereka seluruhnya berjajar di pinggir jalan untuk bisa menyambut pemimpin masa depan Indonesia itu secara langsung diiringi dengan alunan musik rebana.

Selanjutnya, sang kyai mengajak kader dari Partai Politik (Parpol) pimpinan Megawati Soekarnoputri itu masuk ke dalam rumahnya dan berbincang banyak hal. Bersama dengan para kyai sepuh di Balerante, mereka semua mendiskusikan banyak sekali macam topik. Beberapa diantaranya adalah terkait dengan bagaimana merawat persatuan dan kesatuan di Tanah Air, serta juga upaya untuk pembangunan keagamaan, khususnya agama Islam di Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, Ganjar Pranowo kemudian sempat bercerita tentang bagaimana dirinya mampu menghidupkan sisi keagamaan ketika masih menjabat sebagai Gubernur Jateng. Diketahui bahwa memang, tidak bisa dipungkiri lagi kalau sosoknya sangat dekat dengan para ulama.

Pemimpin kelahiran Kabupaten Karanganyar itu juga telah membuat berbagai macam program ketika masih menjadi orang nomor satu di Jawa Tengah, yang mana banyak diantara programnya memang sangat bermanfaat untuk seluruh umat. Seperti diantaranya adalah pendidikan, optimalisasi Baznas, kemudian dia juga pernah menggelar acara Jateng Bersholawat dan memberikan insentif kepada para guru keagamaan di sana.

Seluruh hal yang telah dilaksanakan oleh Ganjar Pranowo di Jawa Tengah memang merupakan bentuk perhatian konket yang dia miliki pada siapapun yang telah berjuang menghidupkan agama, termasuk para ulama, kyai dan juga santri. Karena di tangan mereka, masyarakat menitipkan harapan yang sangat besar, yakni generasi penerus bangsa untuk bisa diajarkan budi pekerti kepada anak-anak.

Dari pemaparan yang disampaikan oleh pemimpin berusia 54 tahun tersebut, sontak membuat Kyai Muhammad Faqih Jauhar dan juga seluruh kyai sepuh lainnya yang hadir tersenyum. Mereka kemudian memiliki harapan yang sangat besar kepada sosok pemimpin masa depan bangsa itu untuk tetap mampu melanjutkan banyak program baik yang telah berhasil dia laksanakan di Jawa Tengah itu kelak saat telah dipercaya oleh rakyat untuk memimpin Tanah Air.

Telah banyak diakui berbagai pihak, bahwa memang sosok Ganjar Pranowo mampu memberikan banyak pencerahan kepada umat. Membahas mengenai persoalan pesantren, dirinya memiliki komitmen yang sangat kuat untuk bisa terus menghidupkan dan mengembangkan serta menjadikan pesantren semakin bermartabat. Sehingga niatan baik yang dimiliki oleh Ganjar itu kemudian direspon dengan sangat positif oleh seluruh kyai.

Apresiasi yang sangat tinggi patut diberikan kepada bagaimana banyaknya program kerja yang sangat baik telah dilakukan oleh kader dari partai berlogo banteng dengan moncong putih itu selama sepuluh tahun terakhir dalam memimpin Jawa Tengah karena itu semua merupakan hal yang telah sangat diharapkan oleh masyarakat, khususnya para tokoh agama, ulama dan kyai.

Maka dari itu, dukungan dan juga doa terus datang untuk kemenangan Ganjar Pranowo dalam pesta demokrasi dan kontestasi politik pada perhelatan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang. Karena ketika Ganjar berhasil menjadi Presiden Republik Indonesia (RI) kedelapan, maka jelas saja bahwa dirinya akan mampu meneruskan seluruh programnya itu. Terlebih, para kyai juga sangat mengharapkan agar Undang-Undang (UU) Pesantren bisa terlaksana sesegera mungkin.

Dukungan penuh untuk sosok Ganjar Pranowo terus datang dari seluruh kalangan dan lapisan masyarakat di berbagai macam wilayah, termasuk juga datang dari para ulama, kyai hingga para santri. Hal tersebut sama sekali tidak bisa dilepaskan dari bagaimana sosok Ganjar yang selama ini memang sudah sangat dekat dengan para ulama, sehingga menjadikan para Kyai sepuh di Cirebon turut mendukung dan mendoakan kemenangannya.

)* Penulis adalah kontributor Forum Literasi Cirebon

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda