KTT AIS Forum 2023 Gandeng Anak Muda Ikut Tangani Isu Maritim - BERITA KALIMANTAN

Minggu, 08 Oktober 2023

KTT AIS Forum 2023 Gandeng Anak Muda Ikut Tangani Isu Maritim

Jakarta – Konferensi Tingkat Tinggi Archipelagic and Island States (AIS)  merupakan forum bersama untuk membahas isu-isu kelautan. Karena itu, AIS Forum turut melibatkan anak muda untuk terlibat dalam mengatasi persoalan tersebut.

Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi Kemenkomarves, Jodi Mahardi mengatakan pentingnya anak muda untuk terlibat dalam isu kelautan.

“Anak Muda salah satu yang membawa perubahan, inovasi, dan daya tahan untuk isu tersebut”, katanya

Selanjutnya dia mengatakan bahwa salah satu tantangan besar yang dihadapi negara pulau dan kepulauan tersebut perlu tata kelola kemaritiman yang bertanggung jawab dan ekonomi biru yang berkelanjutan.

Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi Kemenkomarves itu menambahkan bahwa anak muda diperlukan untuk mencari solusi dan inovasi dalam mengatasi tantangan besar tersebut.

“Kami ingin anak muda merasa memiliki inisiatif AIS Forum. Kami ingin memberi perspektif dan kontribusi bagaimana berpartisipasi dalam perbincangan karena anak muda ini tidak mewakili negaranya saja tapi potensi perubahan” tuturnya.

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Pusat Kajian Maritim untuk Kemanusiaan, Abdul Halim mengatakan KTT AIS Forum 2023, yang berlangsung di Bali, Indonesia, akan mengumpulkan pemimpin dari berbagai negara di seluruh dunia.

Acara ini bertujuan untuk mengatasi berbagai isu penting yang berkaitan dengan kelautan, termasuk keberlanjutan ekosistem laut, peningkatan tingkat plastik di lautan, perubahan iklim yang mempengaruhi lautan, serta pembangunan ekonomi yang berkelanjutan melalui sektor kelautan.

“Salah satu aspek paling penting dari persiapan KTT ini adalah kehadiran kepala negara, yang menunjukkan komitmen serius dari masing-masing negara dalam menangani isu-isu kelautan global. Kehadiran para pemimpin tingkat tinggi ini diharapkan akan memberikan momentum yang diperlukan untuk mengambil tindakan konkret dalam mendukung kelautan yang berkelanjutan,” ujar Abdul Halim.

KTT AIS Forum 2023 diharapkan akan menghasilkan deklarasi bersama yang akan menjadi landasan bagi langkah-langkah konkret dalam mendukung kelautan yang berkelanjutan. Dengan kepala/ pemimpin negara yang hadir, dunia akan menantikan dengan penuh harapan terobosan-terobosan yang akan muncul dari pertemuan penting ini.

***

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda