Usung Program Ekonomi Hijau sebagai Strategi Baru Tim Pemenangan Ganjar-Mahfud Menang di Sumbar - BERITA KALIMANTAN

Senin, 13 November 2023

Usung Program Ekonomi Hijau sebagai Strategi Baru Tim Pemenangan Ganjar-Mahfud Menang di Sumbar

Oleh : Benny Syahputra)*

Pihak Tim Pemenangan pasangan Ganjar-Mahfud tengah mengusung strategi untuk menang di Sumatera Barat (Sumbar). Salah satunya dengan mengusung program kerja dan gagasan mengenai ekonomi hijau yang memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat di Indonesia.

Ketua Badan Pemenangan Pemilihan Umum (Bappilu) Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Sandiaga Uno mengatakan bahwa berdasarkan data dari hasil survei yang dilakukan pada pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD memang masih kurang terkenal di luar Pulau Jawa seperti di Pulau Sumatera dan wilayah lain. Maka dari itu, pihaknya akan terus menggencarkan bagaimana strategi baru.

Strategi baru yang dimaksudkan tersebut adalah melakukan penyampaian kepada masyarakat atau memberikan sosialisasi akan berbagai macam program terkait ekonomi yang dimiliki oleh pasangan Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) dari koalisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) itu.

Hal tersebut jelas harus mampu untuk terus disampaikan kepada masyarakat dalam waktu yang cukup singkat seperti sekarang ini, tepatnya sebelum kontestasi politik dan pesta demokrasi Pemilihan Presiden pada tahun 2024 mendatang benar-benar dimulai. Karena waktunya yang sudah tidak lama lagi, maka sudah jelas bahwa PPP sebagai salah satu koalisi pengusung pasangan Ganjar-Mahfud akan terus berupaya dalam melakukan penyampaikan hingga ke masyarakat akar rumput secara jauh lebih luas.

Penyampaian kepada masyarakat kini dengan strategi baru, yakni terus memfokuskan pada bidang ekonomi, utamanya adalah di bidang ekonomi hijau yang jelas akan sangat mampu ditangkap oleh masyarakat dan kini tengah sangat dibutuhkan oleh rakyat di Tanah Air. Sebetulnya masyarakat dan para pemilih dalam Pemilu 2024 mendatang sangat ingin tahu akan bagaimana program mengenai ekonomi dari pasangan calon yang akan berkontestasi, sehingga strategi tersebut langsung digencarkan.

Beberapa hal yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat di Indonesia saat ini, memang seluruhnya sudah disiapkan akan solusinya oleh pasangan Ganjar-Mahfud. Termasuk mengenai adanya keterbukaan luas bagi lapangan pekerjaan, kemudian stabilisasi pada berbagai macam harga bahan pokok di pasaran.

Tidak hanya berjalan sendirian, namun pihak PPP juga telah meminta kepada semua Calon Lesgislatif (Caleg) mereka untuk berkampanye Pileg dan Pilpres secara bersamaan dengan juga merangkul semua pihak relawan yang ada.

Sementara itu, memang pasangan duet Ganjar Pranowo dan Mahfud MD menjadikan ekonomi hijau sebagai salah satu fokus dari pembangunan yang berkelanjutan untuk bisa mewujudkan visi mereka, yakni menuju Indonesia Emas pada tahun 2045 mendatang. Mereka menilai bahwa ekonomi hijau sendiri merupakan kunci utama untuk bisa mencapai bangsa yang lebih maju, lebih adil dan semakin lestari ke depan.

Terbukti, bahwa lantaran terus mengusung adanya pengembangan bagi sektor ekonomi hijau di Indonesia, dukungan terus mengalir kepada pasangan itu, bahkan datang dari banyak kalangan di berbagai daerah, seperti halnya para santri di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) yang terus berkomitmen kuat untuk tegak lurus memberikan dukungan penuh mereka.

Berbagai cara juga diwujudkan oleh para relawan hingga kaum santri tersebut dalam menunjukkan bagaimana bentuk dukungan mereka pada pasangan Ganjar-Mahfud. Salah satunya adalah datang dari Sukarelawan Santri Dukung Ganjar (SDG) di Sumbar yang mengunjungi Pondok Pesantren (Ponpes) Miftahul Kahfi yang berlokasi di Jorong Durian Kuning, Nagari Sungai Sirah Kuranji Hulu, Kecamatan Sungai Geringging, Kabupaten Padang Pariaman.

Kehadiran dari para relawan itu untuk memberikan bantuan berupa bahan material yang ditujukan untuk pembangunan bagi ruang belajar Ponpes tersebut. Mengenai hal itu, Koordinator Wilayah (Korwil) SDG Sumbar, Fikri Haldi menegaskan bahwa memang pihaknya memfokuskan ke pesantren, yang mana juga telah sangat menyesuikan dengan bagaimana programn dari mantan Gubernur di Provinsi Jawa Tengah (Jateng) selama dua periode atau sepuluh tahun masa bakti tersebut untuk bisa terus dan semakin terlibat serta memiliki kontribusi untuk Ponpes.

Kemudian atas bagaimana aksi yang dilakukan oleh para santri pendukung pasangan Ganjar-Mahfud, disambut dengan penuh antusias dan juga mendapatkan apresiasi sangat tinggi dari masyarakat setempat, termasuk dari pimpinan Pondok Pesantren Miftahul Kahfi sendiri, Abdul Farid Tuangku Imam.

Dirinya mengaku sangat berterima kasih kepada pihak SDG Sumbar yang telah mengunjungi ponpes tersebut dan memberikan bantuan material dan sangat bermanfaat bagi pembangunan di sana. Kemudian pimpinan Pondok Pesantren itu juga mendoakan kepada pasangan duet Ganjar Pranowo dan Mahfud MD supaya bisa memenangkan Pilpres mendatang.

Untuk bisa menang di berbagai daerah, utamanya di luar Pulau Jawa, seperti halnya di Pulau Sumatera, khususnya di Sumatera Barat (Sumbar), pihak Tim Pemenangan dari pasangan duet Ganjar-Mahfud telah memiliki serangkaian strategi baru untuk terus menggencarkan sosialisasi di tengah masyarakat hingga akar rumput. Mereka mengusung pengenalan program kerja dari pasangan itu pada sektor ekonomi hijau yang sangat dibutuhkan oleh rakyat saat ini.

)* Penulis adalah kontributor Forum Literasi Kota Padang

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda