Deklarasi Menteri WWF ke-10 Angkat Pengelolaan Air Terpadu pada Pulau Kecil - BERITA KALIMANTAN

Rabu, 22 Mei 2024

Deklarasi Menteri WWF ke-10 Angkat Pengelolaan Air Terpadu pada Pulau Kecil

BALI — Deklarasi Menteri dalam World Water Forum (WWF) ke-10 mengangkat pengelolaan air secara terpadu pada pulau-pulau kecil dunia.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono menjelaskan bahwa salah satu poin penting dalam pelaksanaan Deklarasi Menteri dalam WWF adalah mengenai kepentingan pulau-pulau kecil.

Indonesia selaku tuan rumah ajang forum air tingkat dunia itu mengangkat dan mendorong isu pengelolaan sumber daya air secara terpadu pada pulau-pulau kecil.

Bukan hanya itu, namun bangsa ini juga mengusulkan adanya peringatan Hari Danau Sedunia yang merupakan sumber pasokan air untuk menghidupi manusia sekaligus memiliki fungsi sosial dan ekonomi di masyarakat.

Menurut Menteri Basuki, peringatan Hari Danau Sedunia tersebut bukan hanya sekadar simbolis saja, namun sebagai salah satu kunci utama untuk menjaga kelestarian danau di seluruh dunia.

"Kita harus menjaga danau untuk memperpanjang hidupnya, inilah gunanya peringatan Hari Danau Sedunia," ujar Ketua Harian Panitia Nasional Penyelenggara WWF ke-10 itu.

Pada pelaksanaan forum air tingkat dunia ke-10 di Indonesia ini mampu mencetak sejarah dengan pertama kalinya menghasilkan Deklarasi Menteri.

Basuki Hadimuljono menjelaskan bahwa hal tersebut menjadi keberhasilan Indonesia selaku tuan rumah dalam menyusun daftar proyek terkait air yang memang menjadi andalan dari berbagai negara.

"Selain Deklarasi Menteri, salah satu yang menjadi capaian pada forum ini adalah berhasilnya Indonesia menyusun daftar proyek terkait air yang menjadi andalan dari berbagai negara," katanya.

Sementara itu, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan perhelatan WWF ke-10 di Bali membuat para delegasi sangat terkesan.

Dalam pemaparannya, tidak sedikit diantara para delegasi dunia mengaku sangat kagum dengan bagaimana kemajuan Indonesia.

Bahkan, Presiden Fiji menyatakan bahwa dirinya telah menyaksikan secara langsung bagaimana kemajuan Tanah Air.

"Pimpinan negara yang mengunjungi Tahura juga menyatakan kekagumannya dengan kemajuan Indonesia. Presiden Fiji bahkan menyatakan jika ia tidak percaya jika tidak menyaksikan secara langsung kemajuan Indonesia saat ini," kata Luhut.

*

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda