Kuswanto: Pembangunan IKN Datangkan Banyak Manfaat Positif bagi Masyarakat Lokal - BERITA KALIMANTAN

Senin, 20 Mei 2024

Kuswanto: Pembangunan IKN Datangkan Banyak Manfaat Positif bagi Masyarakat Lokal

Balikpapan — Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara mendatangkan banyak sekali manfaat secara positif bagi masyarakat lokal sekitar.

Plt Direktur Pengendalian Penyelenggaraan Pemerintahan dan Perizinan Pembangunan OIKN, Kuswanto mengatakan bahwa pihaknya terus berupaya melakukan upskilling bagi keterampilan warga lokal di Kalimantan Timur.

Hal tersebut bertujuan untuk memastikan bahwa dalam pembangunan IKN Nusantara, masyarakat mampu merasakan banyak dampak positifnya.

Menurutnya, upaya peningkatan skill tersebut dilakukan dengan berbagai program pemberdayaan kepada masyarakat yang dijalankan oleh berbagai kedeputian.

“Ada kegiatan pemberdayaan masyarakat lokal untuk lahan hidroponik dan berbagai macam kegiatan-kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan melalui berbagai kedeputian itu sudah sangat banyak,” kata Kuswanto.

Bukan hanya upaya peningkatan kemampuan saja, namun pemerintah juga menekankan kepada para investor pada pembangunan IKN agar merekrut tenaga lokal.

“Selain itu juga encouragement untuk para investor maupun untuk beberapa pihak yang berinvestasi untuk juga merekrut tenaga lokal,” ucap Kuswanto.

Sementara itu, mengenai dampak positif dari pembangunan IKN Nusantara, Plt Direktur Pengendalian Penyelenggaraan Pemerintahan dan Perizinan Pembangunan OIKN tersebut memaparkan banyak hal.

Menurut Kuswanto, kini di beberapa wilayah sekitar IKN telah merasakan bagaimana dampak positif pembangunan Ibu Kota Negara.

“Kalau potensi positif kita sudah rasa, Balikpapan itu sekarang okupansi hotel sangat tinggi, kemudian mungkin Samarinda juga sudah merasakan,” jelasnya.

Dengan kata lain, pembangunan IKN tersebut benar-benar mendatangkan banyak sekali dampak, yang mana secara jangka pendek bahkan sudah mampu dirasakan masyarakat saat ini.

Selain peningkatan okupansi hotel, namun masyarakat lokal setempat di wilayah Kalimantan Timur tentu terbantu dengan banyaknya pembukaan lapangan pekerjaan.

“Belum lagi ditambahkan banyaknya pekerja yang ada di IKN itu tentu sudah membantu masyarakat yang ada di PPU,” ungkap Kuswanto.

Sementara itu, untuk dampak jangka panjangnya sendiri, pemerintah terus mengupayakan agar berbagai wilayah di sekitar IKN ikut tumbuh bersama.

“Dalam jangka panjang kita sedang mengupayakan supaya kota-kota di sekitar IKN itu tumbuh bersama,” jelasnya.

Maka dari itu, sinergi terus digencarkan dengan beberapa daerah mitra seperti Kutai Kartanegara, PPU, Samarinda hingga Balikpapan.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda