Pemerintah Inisiasi AMN Manado Sebagai Bentuk Keseriusan Pada Sektor Pendidikan - BERITA KALIMANTAN

Sabtu, 25 Mei 2024

Pemerintah Inisiasi AMN Manado Sebagai Bentuk Keseriusan Pada Sektor Pendidikan

Oleh: Olivia Warouw

Pemerintah Republik Indonesia (RI) menginisiasi Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado sebagai bentuk keseriusan dalam memperhatikan sektor pendidikan di Tanah Air sehingga bisa mengalami peningkatan kualitas.

Tentunya jika terjadi peningkatan kualitas pada sektor pendidikan pada sebuah daerah, hal tersebut jelas akan mendatangkan banyak sekali dampak positif yang bermanfaat bagi wilayah tersebut, termasuk bagi seluruh masyarakat yang tinggal di sana.

Bukan tidak mungkin, nantinya masyarakat akan mengalami peningkatan kesejahteraan dengan meningkatkan aktivitas perekonomian jika sektor pendidikan terjadi pembaikan. Hal tersebut sangat Pemerintah inginkan, maka dari itu ada inisiasi AMN Manado.

Mengenai upaya peningkatan dalam sektor pendidikan, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengharapkan semua pihak juga turut serta berperan aktif dalam memajukan pendidikan dengan semangat yang terus berkobar dalam setiap inisiatif yang tengah berkembang.

Terlebih, bahwa memang pendidikan sendiri dari sejak zaman Ki Hajar Dewantara dulu hingga sekarang, yang mana dunia telah mengalami era kemajuan sangat luar biasa bertandakan dengan segala sesuatu kini menjadi serba digital, jelas membutuhkan adanya sektor pendidikan yang terus mampu berkembang dan adaptif.

Kepala Negara juga menakankan bahwa lembaga pendidikan tinggi, yang mana salah satunya yakni AMN Manado jelas memiliki peranan yang sangat strategis dalam mencetak sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan berkualitas.

Keberadaan AMN di Manado mampu mempersiapkan para generasi muda penerus bangsa yang tidak hanya mampu menguasai ilmu pengetahuan atau dalam dunia akademik baik saja, namun juga menghasilkan para pemuda yang mau terus belajar.

Sehingga dengan demikian, nantinya para anak muda di Indonesia akan menjadi SDM yang kuat baik dari segi fisik, mental serta moralnya. Termasuk juga, nantinya generasi muda bangsa akan menjadi anak-anak yang inovatif dengan berhasil menciptakan banyak karya berkualitas.

Lebih lanjut, perguruan tinggi seperti AMN Manado juga memiliki peran yang strategis untuk bisa menjadi lembaga riset, terlebih dengan adanya bantuan dari sejumlah dosen serta tenaga peneliti di sana, sehingga menjadikan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) serta inovasi melalui riset berkualitas terus mengalami penguatan.

Sementara itu, Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko mengatakan bahwa selama ini pemerintah RI terus memberikan perhatian dengan sangat serius terhadap pengembangan pendidikan di Indonesia.

Tidak tanggung-tanggung, bahkan pemerintah memiliki keinginan yang sangat kuat untuk terus meningkatkan kualitas SDM nasional dengan pembentukan karakter anak bangsa. Maka dari itu, terjadi inisiasi pembangunan AMN di Manado.

Sebagai informasi, bahwa pembangunan AMN sendiri sebelumnya sudah sangat sukses terlaksana di Kota Pahlawan Surabaya, yang mana kemudian Badan Intelijen Negara (BIN) selaku inisiator program tersebut terus menggencarkan realisasi program serupa hingga ke banyak wilayah lainnya, salah satunya yakni Manado.

Hal tersebut lantaran dengan adanya AMN di Manado, maka menunjang kesuksesan upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas SDM muda di Indonesia serta membentuk karakter anak bangsa dengan penanaman berbagai nilai dasar negara yang sangat kuat.

Senada dengan bagaimana upaya Presiden Jokowi, Direktur Prasarana Strategis Ditjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Ir. Essy Asiah menyampaikan bahwa tujuan dari pembangunan AMN Manado adalah agar bisa menjadi sebuah wadah untuk mempersatukan para mahasiswa dari berbagai latar belakang yang saling berbeda, seperti perbedaan suku bangsa, bahasa, budaya hingga agama.

Mereka yang bisa mengisi atau menghuni AMN Manado tersebut juga tidak mengharuskan syarat berasal dari wilayah tertentu, melainkan benar-benar seluruh mahasiswa dari beragam daerah di seluruh pelosok Nusantara memiliki hak yang sama.

Bergabungnya para anak muda dalam program inisiasi lembaga pimpinan Jenderal Polisi (Purn) Prof. Dr. Budi Gunawan tersebut dalam rangka untuk mempersiapkan SDM yang berkualitas, berintegritas, dan juga memiliki karakter kebangsaan sebagaimana tujuan pemerintah dalam upaya peningkatan sektor pendidikan di Indonesia.

Kemudian, Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey melalui Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sulut Steve HA Kepel mengungkapkan bahwa pembangunan Asrama Mahasiswa Nusantara di Manado itu bukan hanya sekedar menjadi bangunan fisik semata.

Jauh dari itu, pembangunan AMN Manado juga sekaligus menjadi simbol komitmen kuat terhadap pengembangan kualitas SDM. Pasalnya, melalui keberadaan asrama tersebut mampu menciptakan lingkungan yang kondusif bagi para mahasiswa untuk belajar, brekreasi dan berkolaborasi.

Inisiasi pembangunan AMN Manado yang Pemerintah RI lakukan adalah sebuah bentuk wujud nyata dari keseriusan dan perhatian pada peningkatan sektor pendidikan di Indonesia sehingga mampu mendorong lahirnya SDM yang unggul.

*) Mahasiswa Manado Tinggal di Jakarta

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda