Pengamat: World Water Forum Bukti Kepercayaan Dunia pada Indonesia - BERITA KALIMANTAN

Minggu, 19 Mei 2024

Pengamat: World Water Forum Bukti Kepercayaan Dunia pada Indonesia

Jakarta - Pakar Hubungan Internasional dari Universitas Padjadjaran Bandung Teuku Rezasyah mengatakan, Forum Air Dunia atau World Water Forum ke-10 yang diselenggaran di Bali merupakan bukti kepercayaan dunia kepada Indonesia. Terlebih forum ini dihadiri negara dari berbagai belahan dunia.

"Forum ini mendapat perhatian serius dari para kepala negara yang hadir. Air sangat penting bagi kehidupan saat ini," kata Rezasyah dalam dialog di radio Elshinta, Sabtu (18/05/2024).

Menurut Rezasyah, tema air sangat strategis bagi Indonesia sebagai tuan rumah WWF ke-10. Apalagi hampir 70 persen wilayah di Indonesia adalah wilayah perairan yang tentunya sangat memerlukan perhatian khusus dari pemerintah. Selain itu, tema-tema yang diangkat dalam forum ini sangat bagus bagus, misalnya soal air bagi kesejahteraan bersama.

"Acara ini juga sangat bagus diakhir pemerintahan Presiden Jokowi. Maka sangat wajar jika mendapat sambutan hangat dari negara-negara dari manca negara," ujar Rezasyah.

Rezasyah menambahkan, dampak kepemimpinan Indonesia pada acara WWF ke-10 ini akan memberi dampak positif bagi Indonesia di kancah internasional, yaitu forum ini menghasilkan kesepakatan-kesepakatan yang dalam tata kelola penanganan air pada masa mendatang seperti untuk sumber energi. Forum WWF dipastikan berdampak positif bagi Indonesia karena kemungkinan  banyak perundingan antara negara negara peserta dalam tata kelola pemanfaatan air.

"Selain itu acara ini juga dipastikan berdampak pada pariwisata di Bali. Pasalnya, acara ini dihadiri para kepala negara, perwakilan parlemen dari negara yang hadir, serta para ilmuwan yang tentunya memberikan masukan tentang tata kelola pemanfaatan air," papar dia.  

Rezasyah menilai, World Water Forum ke-10 dapat menghasilkan kesepakatan-kesepakatan penting dan konkret menjaga keberlangsungan air dan lingkungan global. Pemerintah Indonesia bisa menerima masukan dari negara-negara peserta dalam pengelolaan tata kelola air agar lebih bermanfaat bagi kehidupan masyarakat luas apalagi isu air sudah masuk dalam kategori Sustainable Development Goals atau SDGs.

"Tentunya Indonesia akan lebih mempunyai peran penting pada masa mendatang dalam pengolaan air seperti untuk penggunaan bendungan, waduk atau irigasi," kata Rezasyah.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda