Perkuat Sinergitas Lintas Sektor, Komitmen BIN Sukseskan WWF ke-10 di Bali Banjir Apresiasi - BERITA KALIMANTAN

Kamis, 23 Mei 2024

Perkuat Sinergitas Lintas Sektor, Komitmen BIN Sukseskan WWF ke-10 di Bali Banjir Apresiasi

BALI — BIN mendapatkan apresiasi dari banyak pihak karena komitmen kuatnya menyukseskan WWF ke-10 di Bali dengan terus memperkuat sinergitas antar lintas sektor.

Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas) Denpasar, I Nyoman Budiana sangat mengapresiasi adanya sinergitas dari BIN dengan berbagai pihak lain.

Sinergitas yang lembaga pimpinan Jenderal Polisi (Purn) Prof. Dr. Budi Gunawan tersebut lakukan adalah demi hadirnya stabilitas keamanan di Bali termasuk kelancaran WWF.

“Semua jajaran aparat keamanan, baik dari TNI, Polri, BNPT, intelijen, dan aparatur pemerintah daerah telah bersatu padu untuk mengatasi permasalahan keamanan di Bali,” terang Nyoman.

Di sisi lain, Sekretaris Utama (Sestama) BNPT, Bambang Surono mengatakan bahwa pihaknya bersama BIN terus bersinergi dalam pengamanan WWF ke-10 untuk mencegah aksi teror yang bisa mengganggu agenda internasional tersebut.

BIN, bersama dengan Paspampres serta BNPT melangsungkan beberapa kegiatan, seperti evaluasi assesment sistem pengamanan lingkungan dan objek vital nasional (obvitnas).

“Juga akan mengkoordinasikan aparat keamanan dan juga komunitas intelijen baik nasional maupun daerah,” jelasnya.

Selanjutnya, Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan dan Deradikalisasi BNPT, Mayjen TNI Roedy Widodo menjelaskan bahwa BIN serta unsur intelijen daerah sangat berkontribusi dalam banyak hal.

Termasuk menjalankan serangkaian kegiatan pengamanan mulai dari asesmen sistem pengamanan pada lokasi utama serta melakukan rapat koordinasi.

“Melaksanakan pelatihan intelijen bagi aparatur intelijen daerah yang bertugas pada pengamanan WWF, hingga turut mengajak publik untuk ikut menyukseskan perhelatan internasional tersebut,” ucap Roedy.

Menurut Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol. Trunoyudo Wisnu Andiko bahwa kolaborasi antara pihak BIN dan berbagai sektor lain benar-benar memaksimalkan pengamanan, penjagaan, keselamatan, kenyamanan para delegasi WWF.

“Polri juga akan berkolaborasi dengan Paspampres, TNI, BIN, BNPT, BSSN, BNPB, Kementerian/Lembaga dan stakeholder terkait guna memastikan kelancaran serta keamanan acara,” pungkas Trunoyudo.

Sebelumnya, General Manager Unit Induk Distribusi Bali, I Wayan Udayana mengungkapkan bahwa pihaknya yakni PLN, telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan BIN Daerah Bali.

Penandatanganan tersebut berkaitan dengan pengawalan sektor kelistrikan serta pertukaran informasi demi kelancaran forum air tingkat dunia ke-10.

“Setiap pertemuan yang dilakukan oleh pimpinan daerah, selalu dilaporkan ke Kepala BIN dan Direktur PLN, sehingga jalinan kerja sama untuk pertukaran informasi melalui nota kesepahaman ini memang diperlukan,” ungkap I Wayan Udayana.

**

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda