Keberlanjutan Pembangunan Nasional Jadi Bukti Papua Bagian Integral NKRI - BERITA KALIMANTAN

Rabu, 19 Juni 2024

Keberlanjutan Pembangunan Nasional Jadi Bukti Papua Bagian Integral NKRI

Oleh : Theresia Wopari

Sejak ditetapkan sebagai bagian integral dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Papua telah menunjukkan perkembangan yang signifikan dalam berbagai sektor. Hal ini merupakan bukti komitmen pemerintah untuk memajukan wilayah tersebut dan memperkuat integrasi Papua ke dalam NKRI. Sejak bergabung dengan Indonesia pada tahun 1969 melalui proses penyerahan kedaulatan yang diakui oleh hukum internasional, Papua terus mengalami transformasi yang substansial. Mulai dari infrastruktur, pendidikan, kesehatan, hingga ekonomi, berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah untuk memastikan bahwa Papua dapat berkembang dan masyarakatnya dapat merasakan manfaat yang signifikan

Salah satu sektor yang menunjukkan perkembangan pesat di Papua adalah infrastruktur. Dalam beberapa dekade terakhir, pemerintah Indonesia telah mengalokasikan anggaran besar untuk pembangunan jalan, jembatan, pelabuhan, dan bandara di Papua. Proyek Trans Papua adalah salah satu contohnya, yang bertujuan untuk menghubungkan berbagai daerah di Papua dengan jaringan jalan yang lebih baik. Jalan jalan ini tidak hanya mempermudah mobilitas masyarakat, tetapi juga membuka akses bagi distribusi barang dan jasa, yang pada gilirannya meningkatkan perekonomian lokal.

Selain itu, pembangunan bandara di berbagai daerah terpencil di Papua juga memungkinkan konektivitas yang lebih baik, memudahkan akses transportasi udara baik untuk keperluan bisnis maupun pariwisata. Pelabuhan yang diperbaiki dan diperluas juga memainkan peran penting dalam mendukung perdagangan dan perekonomian di Papua.

Wakil Presiden Republik Indonesia K.H. Ma’ruf Amin mengatakan beberapa program strategis terus canangkan oleh pemerintah untuk kesejahteraan Papua. Diantaranya adalah landasan pacu Bandara Wamena, pembangunan jalan nasional Trans Papua Wamena Jayapura, kawasan Centra Pangan Kabupaten Jayawijaya, program Ketenaga Listrikan di Kabupaten Lanny Jaya, dan Sistem Pengolahan Air Minum di Kabupaten Jayawijaya. Pihaknya berharap program-program yang dicanangkan hari ini benar-benar berdampak dan bermanfaat bagi masyarakat sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi, pemerataan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di Provinsi Papua Pegunungan. Pihaknya juga menyampaikan beberapa pesan penting kepada pemerintah dan masyarakat di Provinsi Papua Pegunungan yakni bangun sinergi dan kolaborasi antara Pemerintah Pusat dan Daerah dalam menyusun perencanaan pembangunan daerah yang tepat. Laksanakan agenda agenda prioritas, kearifan lokal dan konteks wilayah. Karena menurutnya, penyusunan wilayah pembangunan daerah yang tepat akan mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Selain itu, Pemerintah Provinsi agar merumuskan strategis komprehensif dalam menurunkan tingkat kemahalan di Papua Pegunungan, percepat pembukaan isolasi wilayah guna peningkatan pelayanan dasar, dan pengembangan komoditas unggulan daerah, dengan mendorong hadirnya kawasan centra pangan guna menghasilkan stok pangan yang terjangkau sesuai kebutuhan masyarakat. pastikan langkah langkah teknis persiapan dan pelaksanaan pembangunan centra sarana prasarana pemerintahan provinsi di tahun 2024 berjalan dengan baik.

Penjabat Gubernur Provinsi Papua Pegunungan, Velix F. Wanggai berharap agar program strategis nasional dan program strategis Papua Pegunungan hari ini menjadi penanda dimulainya upaya dan tekad untuk membangun kesejahteraan masyarakat di seluruh pelosok provinsi Papua Pegunungan.  Masifnya pembangunan di Papua akan meningkatkan jiwa nasionalisme serta bentuk hadirnya negara untuk kesejahteraan di bumi Cenderawasih.

Diketahui, Meskipun telah banyak kemajuan yang dicapai, Papua masih menghadapi berbagai tantangan. Masalah keamanan, ketimpangan ekonomi, dan akses terhadap layanan dasar di beberapa daerah terpencil adalah beberapa tantangan yang masih perlu diatasi. Namun, dengan komitmen yang kuat dari pemerintah dan dukungan dari seluruh masyarakat Indonesia, tantangan- tantangan ini dapat diatasi

Ke depan, pembangunan di Papua akan terus dilanjutkan dengan pendekatan yang inklusif dan berkelanjutan. Partisipasi aktif masyarakat Papua dalam setiap proses pembangunan adalah kunci untuk memastikan bahwa hasil hasil pembangunan benar benar bermanfaat bagi mereka. Selain itu, perlindungan terhadap budaya dan adat istiadat Papua akan tetap dijaga sebagai bagian dari kekayaan bangsa Indonesia.

Dalam kesimpulannya, Sejak menjadi bagian integral dari NKRI, Papua telah mengalami berbagai perkembangan pesat di berbagai sektor. Pembangunan infrastruktur, peningkatan kualitas pendidikan dan kesehatan, serta pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan adalah bukti nyata dari upaya pemerintah dan masyarakat dalam memajukan Papua. Meskipun masih ada tantangan yang harus dihadapi, harapan untuk Papua yang lebih sejahtera dan makmur tetap ada. Dengan kerja sama yang erat antara pemerintah, masyarakat, dan berbagai pihak terkait, Papua dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi besar bagi kemajuan Indonesia.

Dari segi sejarah, hukum, budaya, hingga potensi alam, Papua memiliki posisi yang tidak terpisahkan dari Indonesia. Semua elemen bangsa harus bersatu untuk memastikan bahwa Papua terus berkembang dalam bingkai NKRI. Dengan komitmen dan kerja keras bersama, Papua dapat mencapai potensinya yang luar biasa dan menjadi salah satu pilar penting dalam pembangunan Indonesia.

*) Mahasiswa Papua tinggal di Bandung

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda