Pelaksanaan Upacara 17 Agustus Momentum Pengenalan Ibu Kota Negara Nusantara - BERITA KALIMANTAN

Kamis, 27 Juni 2024

Pelaksanaan Upacara 17 Agustus Momentum Pengenalan Ibu Kota Negara Nusantara

Oleh : M. Ofan Ramadhan )*

Upacara peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 2024 merupakan momen yang sangat penting bagi seluruh rakyat Indonesia. Tidak hanya sebagai peringatan kemerdekaan Indonesia, tetapi juga sebagai kesempatan untuk mengapresiasi pelaksanaan upacara tersebut sebagai momentum pengenalan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Upacara 17 Agustus 2024 dipastikan bakal berlangsung di dua tempat yaitu berada di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur dan Istana Merdeka, Jakarta.

Pelaksana Tugas (Plt) Wakil Kepala Otorita IKN, Raja Juli Antoni mengatakan pemilihan dua tempat tersebut memberikan makna upacara transisi, sekaligus sebagai upaya mengenalkan IKN kepada masyarakat luas. Nantinya Presiden Joko Widodo bersama Presiden terpilih Prabowo Subianto akan upacara di IKN sedangkan Wakil Presiden Ma’ruf Amin bersama Wapres terpilih Gibran Rakabuming Raka di Istana Merdeka.

Sebagai bangsa yang merdeka, Indonesia memiliki tanggung jawab untuk memperkuat identitas nasional dan membangun kebersamaan di antara seluruh rakyatnya. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan mengadakan upacara peringatan HUT RI setiap tahunnya. Upacara ini tidak hanya menjadi ajang untuk mengenang perjuangan para pahlawan yang telah merebut kemerdekaan, tetapi juga sebagai sarana untuk memupuk semangat kebangsaan dan patriotisme.

Pada tahun 2024, peringatan HUT RI memiliki makna yang lebih dalam karena juga menjadi momen pengenalan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Sejak pengumuman rencana pemindahan ibu kota dari Jakarta ke luar Jawa pada tahun 2019, banyak perdebatan dan diskusi yang muncul di masyarakat. Namun, dengan pelaksanaan upacara HUT RI yang baik dan tertib, rakyat Indonesia dapat menunjukkan bahwa mereka siap menerima perubahan ini dengan penuh apresiasi dan semangat nasionalisme.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan penyelenggaraan upacara kemerdekaan yang dilaksanakan di IKN Nusantara sebagai upaya mengenalkan IKN kepada masyarakat secara luas dan mengenalkan kepada dunia Internasional. Di sisi lain, ini menjadi masa transisi pemindahan Ibu Kota Negara dari Jakarta menuju IKN Nusantara sehingga perjalanan menuju perpindahan menjadi kelihatan yang menggambarkan bahwa IKN Nusantara sebagai Ibu Kota Negara baru yang siap mewujudkan Indonesia emas 2045.

Dari sisi lain, percepatan pembangunan infrastruktur maupun fasilitas penunjang lainnya terus ditingkatkan untuk menyukseskan pelaksanaan upacara 17 Agustus di IKN. Salah satunya adalah penambahan frekuensi penerbangan menuju IKN. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menegaskan penerbangan ke IKN bakal ditambah dalam rangka upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI tahun 2024. Hal tersebut terus diupayakan melalui koordinasi dengan sejumlah maskapai untuk menambah jumlah penerbangan ke IKN jelang peringatan HUT Kemerdekaan RI.

Pelaksanaan upacara 17 Agustus di IKN Nusantara harus dipersiapkan dengan profesionalisme dan kecermatan yang tinggi. Mulai dari pemilihan tempat yang representatif, penyusunan skenario upacara, hingga pengaturan logistik dan keamanan. Semua elemen harus bekerja sama untuk menciptakan suasana yang khidmat dan berkesan bagi seluruh peserta upacara. Pemerintah juga sudah menyiapkan tempat dengan melakukan pembangunan lapangan yang ditargetkan selesai pada bulan Juli 2024.

Selain itu, apresiasi juga harus diberikan kepada seluruh peserta upacara, baik itu para peserta upacara resmi maupun peserta dari masyarakat umum. Para peserta upacara resmi seperti aparat keamanan, TNI, dan pelajar harus diapresiasi karena telah menjalankan tugas mereka dengan baik dan bertanggung jawab. Sementara itu, peserta dari masyarakat umum juga harus diapresiasi karena kehadiran mereka menunjukkan dukungan dan cinta mereka terhadap negara.

Upacara peringatan HUT RI juga harus menjadi ajang untuk mengenalkan IKN Nusantara kepada masyarakat Indonesia. Melalui berbagai penampilan seni dan budaya, seluruh peserta upacara dapat melihat dan merasakan kekayaan budaya dari berbagai daerah di Indonesia. Hal ini dapat memperkuat rasa persatuan dan kesatuan di tengah perbedaan budaya yang ada di Nusantara.

Selain itu, upacara peringatan HUT RI juga dapat menjadi momentum untuk mengingatkan seluruh rakyat Indonesia akan pentingnya menjaga keutuhan dan keberagaman bangsa. Dalam suasana yang penuh semangat dan kebersamaan, pesan-pesan persatuan dan kesatuan dapat disampaikan dengan tegas dan jelas. Rakyat Indonesia harus diingatkan bahwa keberagaman adalah kekayaan bangsa dan harus dijaga dengan baik.

Dalam apresiasi pelaksanaan upacara 17 Agustus momentum pengenalan IKN Nusantara, tidak hanya pelaksanaan upacara yang harus diapresiasi, tetapi juga partisipasi aktif dari seluruh rakyat Indonesia. Semangat nasionalisme dan kebersamaan harus ditanamkan dalam diri setiap individu agar Indonesia dapat terus maju dan berkembang.

Dalam mengapresiasi pelaksanaan upacara 17 Agustus momentum pengenalan IKN Nusantara, kita juga harus mengingatkan diri kita sendiri untuk terus menjaga semangat perjuangan para pahlawan yang telah merebut kemerdekaan. Semangat kemerdekaan harus terus hidup dalam diri setiap individu, sehingga kita dapat menjadi bangsa yang kuat dan berdaya saing di tingkat global.

Dalam kesimpulannya, pelaksanaan upacara peringatan HUT RI 17 Agustus 2024 merupakan momen yang sangat penting bagi seluruh rakyat Indonesia. Apresiasi yang tinggi terhadap pelaksanaan upacara ini, kita dapat memperkuat identitas nasional, memperkenalkan IKN Nusantara, dan memupuk semangat kebangsaan serta patriotisme. Dengan demikian, Indonesia dapat terus maju dan menjadi bangsa yang besar di dunia serta mewujudkan Indonesia emas 2045. Merdeka !!!

)* Penulis adalah Pemerhati Masalah Sosial dan Ekonomi

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda