Pembangunan AMN Terus Berlanjut Bukti BIN Komitmen Bangun Generasi Muda - BERITA KALIMANTAN

Rabu, 12 Juni 2024

Pembangunan AMN Terus Berlanjut Bukti BIN Komitmen Bangun Generasi Muda

Oleh: Olivia Warouw )*

Keberadaan Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) di beberapa daerah, termasuk di Manado merupakan sebuah bentuk nyata atas perhatian Badan Intelijen Negara Republik Indonesia (BIN RI) pada peningkatan kualitas pendidikan tinggi di Tanah Air. Kini pembangunan fasilitas tersebut pun terus berlanjut dan diharapkan dapat selesai pada tahun 2024.

Pemerintah RI, melalui BIN memang terus menunjukkan kepedulian yang sangat tinggi atas upaya untuk mampu meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia. Salah satu langkahnya adalah dengan pembangunan AMN Manado.

Perkembangan pembangunan AMN di Manado saat ini juga terus menunjukkan hasil yang positif. Terkait hal itu, Kasubdit Wilayah III Direktorat Prasarana Strategis Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Endra Bekti menjelaskan bahwa pembangunan fasilitas AMN di Manado terus berproses. Tak hanya itu, Kementerian PUPR bersama dengan kontraktor terus melakukan percepatan pembangunan, khususnya di wilayah Blok A atau Gedung Asrama Putra.

Tentunya, dengan adanya AMN Manado tersebut, sangat membantu dalam meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia. Terlebih, dalam gedung tersebut juga memungkinkan seluruh generasi muda penerus bangsa untuk bisa saling mengenal satu sama lain antar daerah serta memahami bagaimana terjadinya perbedaan latar belakang.

Keseriusan pemerintah pusat melalui penunjukan BIN sebagai inisiator pembangunan AMN, baik yang sebelumnya juga pernah terwujud di Kota Pahlawan Surabaya, kemudian berlanjut di Manado hingga nantinya akan terus terlaksana di beberapa wilayah lain di Indonesia seperti Makassar, Yogyakarta, Jakarta dan Malang merupakan bentuk perhatian pada dunia pendidikan.

Sektor pendidikan di Indonesia akan mampu terus mengalami peningkatan dan kemajuan dengan kontribusi aktif dari para mahasiswa di berbagai daerah. Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) melalui Sekretaris Provinsi (Sekprov), Steve Kepel menyatakan bahwa sejatinya pendidikan sendiri bukan hanya menjadi tanggung jawab dari pemerintah saja. Namun, bagaimana kemajuan serta peningkatan pada dunia pendidikan menjadi tanggung jawab bersama dari semua pihak, termasuk dari swasta.

Keberadaan AMN Manado sangat berkontribusi, bahkan bukan hanya sekedar menjadi tempat tinggal untuk para mahasiswa saja, akan tetapi juga bisa menjadi laboratorium sosial, intelektual dan kewirausahaan. AMN bukan hanya mampu mencetak generasi muda penerus bangsa yang cerdas saja, namun sekaligus menjadi tonggak keberhasilan dalam perjalanan dunia pendidikan di daerah Sulawesi Utara.

Kepala BIN, Jenderal Polisi (Purn) Prof. Dr. Budi Gunawan menyebutkan bahwa hadirnya AMN Manado merupakan pusat kelahiran calon pemimpin bangsa yang berdaya saing tinggi, kemudian memiliki semangat bela negara, rasa kebangsaan yang kuat dalam bingkai NKRI yang setia pada Pancasila dan Konstitusi UUD 1945.

Pembangunan AMN Manado merupakan wadah untuk mempersatukan seluruh mahasiswa dari berbagai suku bangsa, bahasa, kebudayaan dan agama yang berasal dari berbagai macam daerah di Indonesia dan dari berbagai perguruan tinggi.

Untuk pengelolaannya sendiri, Asrama Mahasiswa Nusantara mendapatkan pembinaan secara penuh oleh berbagai pihak seperti Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), BIN, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Tentara Nasional Indonesia (TNI), Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri), Kementeria Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Pemerintah Provinsi setempat.

Peranan dari BIN sendiri menjadi leading sector dalam program pembinaan kebangsaan bagi para mahasiswa penghuni AMN sehingga mereka mampu bersiap menjadi calon pemimpin bangsa ke depannya.

Program pembinaan yang laksanakan BIN di AMN mampu menjadi wadah yang dapat mencerminkan indahnya kebhinnekaan antar beragam perbedaan dari setiap generasi muda tersebut.

Terkait dengan program pembinaan yang BIN jalankan, banyak sekali hal seperti peningkatan kompetensi dan pemahaman mengenai wawasan kebangsaan, karakter pelajar Pancasila, bela negara, kewirausahaan, kepemimpinan dan kepeloporan.

Sementara itu, Wakapokja AMN Manado dari BIN, Idham Malik menyebutkan bahwa memang tujuan utama dari pembangunan gedung tersebut adalah sebagai wadah untuk mempersatukan seluruh mahasiswa dan mahasiswi dari berbagai daerah di seluruh Indonesia.

Mereka semua akan bisa saling mengenal dan menghargai satu sama lain terjadinya perbedaan budaya masing-masing serta terus menjaga kerukunan dan kekompakan guna memperkuat hubungan antar anak bangsa dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Tidak tanggung-tanggung, AMN Manado sangat memiliki fasilitas yang lengkap, seperti tower untuk asrama mahasiswa putra dan putri, kemudian keberadaan gedung pertemuan, ruang serba guna, lapangan olahraga, taman, akses jalan hingga area parkir.

Andil sangat besar dapat AMN berikan kepada pembangunan sumber daya manusia (SDM) muda di seluruh Indonesia, terlebih di Provinsi Sulawesi Utara. Karena tidak hanya menjadi sebagai pembangunan atau pekerjaan secara fisik semata.

Para generasi muda akan memiliki lingkungan yang sangat kondusif untuk mereka belajar, berkreasi dan juga berkolaborasi. Sehingga turut serta berperan aktif dalam mewujudkan langkah signifikan untuk mendukung penuh visi bangsa dalam penciptaan generasi muda yang unggul, siap bersaing pada tingkat nasional hingga internasional.

AMN Manado merupakan bentuk sangat nyata bagaimana perhatian pemerintah melalui BIN dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia dengan penanaman karakter kebangsaan yang kuat kepada mereka semua sehingga akan siap untuk menjadi calon pemimpin bangsa ke depan.

)* Mahasiswa Manado Tinggal di Jakarta

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda