Pentingnya Partisipasi Seluruh Elemen Termasuk Kaum Muda dalam Pilkada 2024 - BERITA KALIMANTAN

Kamis, 20 Juni 2024

Pentingnya Partisipasi Seluruh Elemen Termasuk Kaum Muda dalam Pilkada 2024

Kupang — Partisipasi seluruh elemen masyarakat, termasuk kaum muda sangat penting dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Ketua Lembaga Peduli Masyarakat Timor Indonesia, Mariano Parada mengungkapkan bahwa pelaksanaan Pilkada 2024 adalah hal yang penting.

Pasalnya, dengan adanya Pilkada maka semakin memperkuat demokrasi Indonesia dan melibatkan masyarakat dalam menentukan arah kepemimpinan mendatang.

“Pilkada 2024 merupakan pilar penting dalam memperkuat demokrasi, karena melalui Pilkada 2024 ini masyarakat bisa mengevaluasi langsung kepemimpinan sebelumnya dan menentukan kepemimpinan lima tahun ke depan,” katanya.

Oleh karena itu, lanjutnya, lantaran pelaksanaan Pilkada sangat penting, maka menjadi penting pula partisipasi aktif dari seluruh masyarakat.

“Yang terpenting adalah melalui Pilkada 2024 ini masyarakat bisa berpartisipasi dan memberikan hak suaranya, melaksanakan hak politiknya dan turut terlibat langsung dalam menentukan arah kebijakan pembangunan daerah ke depan,” kata Mariano.

Lebih lanjut, dirinya menyampaikan beberapa langkah yang patut digencarkan untuk menggaet partisipasi aktif dari kaum milenial atau pemilih muda.

“Untuk meningkatkan partisipasi pemilih muda atau kaum milenial, atau yang kita kenal dengan pemilih pemula, tentu sosialisasi dan kampanye pendidikan politik penting dilakukan dengan cara melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter (X) dan terutama TikTok,” terangnya.

Tentu teman-teman content creator dan influencer, imbuhnya, menjadi alat yang sangat efektif untuk melakukan kampanye melalui media sosial.

“Selain itu bisa dilakukan melalui debat publik dan diskusi panel, termasuk lokakarya di kampus dan komunitas lokal sehingga bisa meningkatkan atau menyadarkan teman-teman pemilih pemula ini untuk bisa bepartisipasi di Pilkada 2024 nanti,” ucap Mariano.

Senada, Ketua Umum Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Muhammadiyah NTT, Tita Nandita Oktaviani juga menyampaikan bahwa Pilkada 2024 adalah momentum penting dalam perjalanan demokrasi.

“Pilkada 2024 merupakan momentum penting dalam perjalanan demokrasi Indonesia. Akhir tahun ini, pada 27 November 2024, publik di 37 Provinsi dan 508 Kabupaten/Kota akan melaksanakan penyelenggaraan Pemilu secara serentak,” ujarnya.

Lantaran dengan adanya Pilkada, akan turut menghasilkan pembangunan serta kesejahteraan masyarakat selama 5 tahun mendatang.

Oleh karena itu, Tita beranggapan bahwa partisipasi aktif setiap elemen masyarakat juga menjadi hal yang sangat penting pula.

“Memilih pemimpin-pemimpin daerah yang tentunya akan menghasilkan pengembangan dan kesejahteraan masyarakat selama 5 tahun ke depan. Oleh karena itu, partisipasi aktif dari setiap elemen masyarakat sangatlah penting,” pungkasnya.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda