IKN Siap Sambut Upacara HUT Kemerdekaan RI - BERITA KALIMANTAN

Senin, 08 Juli 2024

IKN Siap Sambut Upacara HUT Kemerdekaan RI

Oleh : Lukman Keenan Adar )*

Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara siap menyambut pelaksanaan upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-79 pada 17 Agustus 2024. Tidak sedikit pihak yang menilai bahwa perhelatan tersebut akan berjalan dengan sangat lancar.

Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-79 pada 17 Agustus 2024 akan menyuguhkan sesuatu yang berbeda dari biasanya, karena langsung dilaksanakan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Mengenai perhelatan Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-79 di IKN tersebut, kemudian tidak sedikit pihak yang meyakininya akan menjadi pelaksanaan yang megah dan sangat sukses serta lancar.

Pelaksana Tugas (Plt) Wakil Kepala Otorita IKN, Raja Juli Antoni menilai bahwa pelaksanaan Upacara HUT RI ke-79 di IKN akan berlangsung dengan lancar, karena hal tersebut juga tidak lepas dari bagaimana peranan Plt Kepala Otorita IKN, Basuki Hadimuljono.

Optimisme terus menyelimuti, karena bagaimana kapasitas dari Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tersebut, yang menjadikan banyak pihak menilai bahwa dirinya akan mampu meletakkan pijakan yang solid bagi siapapun nantinya yang akan melanjutkan kepemimpinan di Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Tentunya bukan tanpa alasan mengapa optimisme atau keyakinan tersebut datang. Pasalnya, Basuki Hadimuljono sendiri merupakan salah satu orang kepercayaan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) untuk mampu mewujudkan visi besar Indonesia karena dirinya merupakan seorang pembelajar yang sangat cepat.

Bahkan, hanya dalam waktu yang singkat saja, dia mampu mengidentifikasi, memetakan dan memformulasikan solusi konkret terhadap persoalan yang ada di IKN. Selain itu, sosok Plt Kepala OIKN tersebut juga merupakan seorang pendengar yang baik. Dirinya bersedia mendengarkan seluruh keluh kesah dan berdiskusi dengan sangat humanis tanpa ada batasan antara atasan dan bawahan.

Pria yang biasa dikenal dengan sebutan Pak Bas itu juga selalu berorientasi pada langkah positif solutif. Setiap pembuatan kebijakan yang dia lakukan harus berlangsung, berjalan dan berhasil untuk menyelesaikan masalah, kemudian mendorong suatu kemacetan dan mengurai kekusutan.

Maka dari itu, dengan seluruh pola kepemimpinan Menteri PUPR itu, menjadikan rencana pembangunan IKN akan berjalan sesuai dengan rencana dan optimisme akan penyelenggaraan upacara HUT Kemerdekaan RI ke-79 di sana [ada 17 Agustus 2024 akan berjalan dengan sangat baik.

Kesiapan lain dari akan berlangsungnya perhelatan Upacara Kemerdekaan RI di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) datang dari Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang bakal berangkat pada 10 Agustus sekaligus membawa duplikat bendera pusaka.

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Kalimantan Timur, Sri Wahyuni mengungkapkan bahwa paskibraka akan mendapatkan pendampingan dari petugas pengawalan. Kedatangan mereka mendapatkan sambutan dan penerimaan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov Kaltim di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan, Balikpapan.

Provinsi Kalimantan Timur sendiri sudah sangat siap untuk mendukung penuh perhelatan tahunan yang perdana berpusat di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sehingga mampu menjadi momentum bersejarah.

Meski agenda tersebut merupakan tanggung jawab dari Pemerintah Pusat, namun karena pelaksanaanya berkonsentrasi di IKN yang menjadi bagian dari wilayah Provinsi Kaltim, maka pihak Pemprov maupun seluruh Kabupaten/Kota hingga aparat keamanan setempat juga memiliki tanggung jawab.

Akan ada sangat banyak masyarakat yang penuh antusiasme menyambut adanya Upacara Kemerdekaan HUT RI ke-79 tersebut. Bahkan di luar undangan saja, masyarakat yang menyatakan bahwa mereka akan hadir sudah mencapai 1.000 (seribu) orang.

Sejauh ini, persiapan yang menjadi fokus perhatian adalah perihal mobilitas dan pergerakan massa, kemudian ketersediaan logistik, ketersediaan pangan, biutifikasi kota/kabupaten yang dilintasi, hingga upacara penyambutan para tamu negara dan tamu undangan.

Sementara itu, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kalimantan Timur, Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol) Nanang Avianto menjelaskan bahwa pelaksanaan Upacara HUT RI ke-79 di IKN sendiri merupakan sebuah penghormatan dan penghargaan bagi wilayah tersebut.

Oleh karenanya, persiapan saat ini terus berlangsung oleh seluruh pihak dan terus mengalami kemajuan. Kondisi itu juga tentunya akan menjadikan semua masyarakat sangat antusias untuk ikut menyukseskannya.

Untuk pengamanan di sendiri secara keseluruhan di Kaltim, semua panitia di daerah sudah sangat siap mendukung penuh komando Kodam VI Mulawarman. Bahkan, sejak awal Agustus persiapan pengamanan sudah berlangsung, termasuk prosesi pengantaran duplikat bendera merah putih dan teks proklamasi.

Karena pelaksanaan Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-79 akan mendapatkan sambutan hangat dan penuh antusiasme dari masyarakat, maka pengamanan tetap menjadi perhatian bersama-sama, yang mana berarti semua terlibat dalam pelaksanaan termasuk pada saat Hari H upacara.

Dengan kata lain, sebenarnya Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) sendiri memang sudah sangat siap berkat seluruh pihak yang terlibat di dalamnya dalam menyambut pelaksanaan Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-79. Masyarakat pun diimbau untuk dapat menyukseskan program IKN agar program tersebut dapat selesai tepat waktu.
)* Penulis adalah kontributor Persada Institute

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda