Capaian Kesuksesan Penyelenggaraan IESF Bali 14Th WEC 2022 Oleh PB ESI, Harumkan Nama Bangsa di Dunia - BERITA KALIMANTAN

Minggu, 11 Desember 2022

Capaian Kesuksesan Penyelenggaraan IESF Bali 14Th WEC 2022 Oleh PB ESI, Harumkan Nama Bangsa di Dunia

Oleh : Lukman Keenan Adar )*


Capaian kesuksesan penyelenggaraan IESF Bali 14Th WEC 2022 yang diinisiasi langsung oleh PB ESI nyatanya memang menghadirkan segudang hal yang mampu terus mengharumkan nama bangsa di mata dunia.


Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) yang diketuai oleh Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan memang telah sangat sukses untuk menyelenggarakan event kejuaraan esports dunia di Tanah Air bertajuk Indonesia Esports Summit: Bali 14Th World Esports Championships 2022 yang berlangsung sejak tanggal 2 hingga 11 Desember 2022.

Mengenai kesuksesan tersebut, Ketua Harian PB ESI, Bambang Sunarwibowo menegaskan bahwa memang pelaksanaan event esports dunia yang diinisiasi oleh asosiasi yang membawahi olahraga elektronik tersebut di Pulau Dewata, bahkan ke depannya bisa menjadikan bangsa ini sebagai barometer esports dunia. Maka dari itu, agenda IESF Bali 14Th WEC 2022 menjadi dalah satu agenda paling penting dari PB ESI di tahun ini.

Bukan hanya mampu terus mengangkat nama bangsa ini bahkan berpotensi untuk menjadikannya barometer esports dunia saja, melainkan jika dilihat dari sudut pandang lain, penyelenggaraan kejuaraan esports dunia di Bali itu turut berdampak nyata pada peningkatan ekosistem sport tourism, yang mana juga akan membantu adanya peningkatan pada sektor perekonomian hingga pariwisata di Tanah Air.

Terlebih, memang semenjak dihantam oleh pandemi COVID-19, sektor ekonomi dan pariwisata di seluruh dunia, termasuk Indonesia mengalami kebuntuan yang sangat mendalam karena memang seluruh manusia mengharuskan dirinya untuk benar-benar bisa membatasi mobilitas mereka, pemulihan kedua sektor tersebut sangatlah dibantu dengan adanya event esports di Bali tersebut.

Selain itu, menurut Bambang Sunarwibowo, dengan kesuksesan PB ESI dalam menghelat acara yang sangat luar biasa bertaraf dunia itu, maka sama saja dengan peningkatan kontribusi secara konkret yang dimiliki oleh bangsa Indonesia pada perkembangan industri digital, khususnya ekosistem esports. Bahkan, penyelenggaraan tersebut baginya adalah sebuah tonggak yang sangat bersejarah dari bangsa Indonesia.

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali mengungkapkan bahwa memang pelaksanaan IESF Bali 14Th WEC 2022 terbukti pula untuk bisa terus mengasah seluruh kemampuan atlet esports Tanah Air. Belum lagi, mereka juga akan semakin terpacu untuk terus meningkatkan kualitas diri mereka dan memberikan banyak sekali prestasi yang membanggakan nama bangsa.

Maka dari itu, dengan semakin banyaknya event-event olahraga elektronik seperti itu, sangat bisa untuk memunculkan banyak atlet dengan potensi yang luar biasa termasuk prestasi-prestasi membanggakan mereka. Indonesia sendiri sebagai tuan rumah, tentunya secara tidak langsung akan memberikan semangat tersendiri bagi seluruh atlet esports Tanah Air untuk bisa memberikan yang terbaik. Sehingga memang kemampuan mereka sama sekali tidak bisa dianggap remeh lantaran mampu mengimbangi banyak permainan dari para atlet dunia lainnya.

Harapan besar diutarakan oleh Menpora RI, bahwa dengan semakin banyaknya event esports yang diselenggarakan di Indonesia, entah itu yang bertaraf nasional, khususnya event bertaraf internasional, tentunya akan semakin menjadi cambuk tersendiri bagi semua atlet esports Tanah Air untuk terus berjuang sehingga bisa mengharumkan nama bangsa ini di kancah dunia.

Di sisi lain, Presiden International Esports Federation (IESF), Vlad Marinescu, memberikan apresiasi yang sangat besar kepada PB ESI selaku penyelenggara dan inisiator adanya IESF Bali 14Th WEC 2022 tersebut. Apresiasi diungkapkannya karena menilai bahwa asosiasi yang membawahi olahraga elektronik di Indonesia itu sangat mampu mensukseskan penyelenggaraan event esports dan melaksanakan kejuaraan dunia.

Bukan hanya itu, bahkan secara resmi pula telah tercatat kalau event esports di Bali tersebut masuk ke dalam salah satu rekor dunia sebagai penyelenggaraan esports outdoor terbesar di dunia dengan peserta paling banyak sejauh ini hingga dicatatkan oleh tim Guinness Book of World Records.

Vlad kemudian menjelaskan pula bagaimana kebermanfaatan segala ajang esports bagi seluruh atlet sendiri. Baginya, dengan adanya event esports dunia, memang sangatlah berkontribusi untuk turut mendidik karakter seorang atlet menjadi pribadi yang jauh lebih baik. Bukan tanpa alasan, pasalnya olahraga elektronik tersebut ternyata memiliki cara kerja yang sangat mirip dengan olahraga tradisional dari segi pembangunan nilai dan karakter para pelakunya, tidak sekedar membuat jauh lebih sehat, namun juga banyak nilai-nilai lain seperti kerja keras, saling menghormati lawan hingga tanggung jawab.

Kemudian pada kesempatan lain, memang IESF Bali 14Th WEC 2022 juga bisa memberikan penyadaran kepada semua orang terkait bagaimana pentingnya menjunjung tinggi semangat kesetaraan gender. Dengan terbentuknya Esports Sisterhood yang juga diinisiasi oleh PB ESI, hal tersebut menjadi salah satu capaian yang sama sekali tidak bisa dipandang sebelah mata.

Banyak sekali hal yang mampu terus membanggakan nama Indonesia di mata dunia. Bagaimana PB ESI di bawah kepemimpinan Jenderal Pol. (Purn), Prof. Dr. Budi Gunawan, berhasil mengawal ajang IESF Bali 14Th WEC 2022 hingga mencapai banyak sekali kesuksesan lainnya yang sangat patut untuk diapresiasi.



)*  Penulis adalah kontributor Persada Institute

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda