Ganjar Pranowo Dukung dan Apresiasi Penuh Generasi Muda Kreatif - BERITA KALIMANTAN

Rabu, 28 Juni 2023

Ganjar Pranowo Dukung dan Apresiasi Penuh Generasi Muda Kreatif

Oleh : Wafa Dahayu )*

Calon Presiden (Capres) dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Ganjar Pranowo mendukung dengan sangat penuh akan upaya pengembangan segala minat dan bakat serta memberikan apresiasi sangat tinggi kepada para generasi muda penerus bangsa yang dinilainya memiliki kreativitas sangat tinggi, khususnya para pelaku di industri kreatif saat ini.

Ganjar Pranowo berkumpul bersama dengan ratusan anak muda saat melakukan jalan pagi bersama dengan warga di area Car Free Day, Senayan, Jakarta pada hari Minggu tanggal 25 Juni 2023 lalu. Kemudian, dalam acara tersebut, dirinya sempat menghampiri kerumunan anak muda yang sedang memiliki suatu agenda di area pintu 6 Gelora Bung Karno (GBK).

Bukan hanya sekedar menghampiri, namun kader PDI Perjuangan itu juga sempat mencicipi produk dari Usaha Mikro, Kecil dan, Menengah (UMKM) yang dipamerkan di sekitaran lokasi tersebut. Sebelumnya, dirinya mengadakan sebuah dialog dengan para pegiat di industri kreatif.

Gubernur Jawa Tengah (Jateng) itu juga mengaku bahwa dirinya sangat terkesan kepada para generasi muda penerus bangsa ini, karena dinilai memiliki kreativitas hingga jiwa kewirausahaan yang sangatlah baik, yang mana semangat itu juga penting untuk mendorong terciptanya lapangan pekerjaan baru dan juga mampu untuk mendukung upaya percepatan pemulihan ekonomi yang dicanangkan oleh Pemerintah Republik Indonesia (RI).

Pada kesempatan yang sama, sejumlah artis dan para influencer pun mendapatkan kesempatan untuk melakukan dialog secara langsung dengan pemimpin yang identik dengan rambut putih itu di sela-sela peluncuran Greyman di Pintu 6 Gelora Bung Karno. Mereka mengaku bahwa kedatangan Ganjar Pranowo secara langsung di lokasi itu sempat mengejutkan para publik figur maupun warga sekitar yang tengah mengikuti acara.

Salah seorang aktor muda, Arbani Yasiz menyampaikan bahwa sosok pemimpin seperti Ganjar Pranowo memang merupakan figur yang sangat mengerti dan paham bagaimana dunia anak muda dan mampu untuk mengikuti segala perkembangan jaman yang ada saat ini. Termasuk juga sangatlah memahami apa yang para generasi muda butuhkan dan terus mendukungnya.

Dialog terbuka bersama dengan Ganjar Pranowo tersebut pada mulanya membahas mengenai bagaimana perkembangan industri kreatif yang bisa ditekuni oleh para generasi muda penerus bangsa untuk semakin mampu mengembangkan seluruh minat hingga bakat, sekaligus juga mampu meningkatkan kesejahteraan.

Tidak bisa dipungkiri bahwa perkembangan jaman memang sudah sangat berkembang dengan cepat dan pesat saat ini. Bahkan karakteristik para generasi muda di jaman sekarang ini bisa dikatakan cukup berbeda dengan para anak muda di jaman dulu. Pada era sekarang ini, para generasi muda semakin mampu memahami bagaimana kualitas dari suatu produk, namun mereka juga jauh lebih memilih untuk menggunakan produk dengan harga yang terjangkau.

Ganjar Pranowo juga sempat menanyakan kepada para anak muda di GBK terkait dengan bisnis apa saja yang pada jaman ini disukai oleh para pemuda. Kemudian diketahui, para generasi muda di jaman sekarang cenderung lebih menyukai bisnis di bidang clothing line, bisnis angkringan, tempat nongkrong, tempat ngopi atau kafe kecil. Pasalnya, bisnis-bisnis tersebut yang memang dijalani oleh para artis dan influencer sebagai suatu usaha sampingan mereka di luat pekerjaan utama atau profesinya di industri hiburan.

Sebagai informasi, dialog yang dilakukan oleh Ganjar Pranowo dengan para pemuda itu berlangsung dengan sangat hangat dan juga penuh dengan nuansa keakraban. Terlihat bahwa sama sekali tidak ada sekat pembatas antar para generasi muda dengan sosok pemimpin itu, sehingga memang dirinya bisa dikatakan sangat paham bagaimana berinteraksi dengan sangat baik kepada para pemuda.

Bahkan, para generasi muda yang menghadiri acara dialog itu juga sama sekali terlihat tidak segan untuk bertanya secara langsung kepada pemimpin kelahiran tahun 1968 itu terkait dengan kendala dan permasalahan yang kerap kali dimiliki oleh para pekerja di industri kreatif dalam negeri.

Kemudian, menurut Ganjar bahwa memang para generasi muda saat ini sangat memerlukan adanya semacam pusat kreativitas atau semacam creative hub, yang mana juga telah berhasil dengan sangat sukses dibangun oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Papua untuk bisa terus mengembangkan seluruh minat dan bakat para pemuda di Bumi Cenderawasih.

Bagi Ganjar, dengan adanya creative hub akan mampu semakin membantu bagi tersedianya ruang untuk mengekspresikan seluruh ide dan potensi yang dimiliki oleh para pemuda. Karena memang tidak bisa dipungkiri bahwa kreativitas yang dimiliki oleh kaum muda saat ini semakin besar.

Dengan para generasi muda penerus bangsa yang memiliki tingkat kreativitas sangat luar biasa, Ganjar Pranowo terus mendukung adanya hal itu bahkan mengaku akan terus membantu dalam pengembangan segala kreativitas tersebut hingga memberikan apresiasi yang tinggi untuk para anak muda.

)* Penulis adalah kontributor Jendela Baca Institute

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda