Ganjar Pranowo Sosok Tepat Lanjutkan Seluruh Program Presiden Jokowi - BERITA KALIMANTAN

Rabu, 21 Juni 2023

Ganjar Pranowo Sosok Tepat Lanjutkan Seluruh Program Presiden Jokowi

Oleh : Alif Fikri )*

Ganjar Pranowo merupakan sosok pemimpin yang paling tepat untuk bisa terus mengawal dan melanjutkan seluruh program pembangunan dan program unggulan yang telah dilaksanakan oleh Presiden Jokowi sebelumnya. Terlebih, mereka memang memiliki banyak kesamaan, yakni terus berupaya untuk mewujudkan cita-cita pendiri bangsa agar bisa terjadi secara nyata.

Calon Presiden (Capres) dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Ganjar Pranowo menyatakan bahwa memang pada era kepemimpinan dari Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi) sudah banyak sekali program pembangunan yang sangat bermanfaat untuk Indonesia, khususnya dalam hal pembangunan infrastruktur yang sangat masif.

Maka dari itu, dengan banyaknya program pembangunan yang sebelumnya digagas oleh Presiden Indonesia ketujuh itu di Tanah Air, sudah sepatutnya program-program pembangunan tersebut bisa terus dilanjutkan keberlanjutannya bagi kemajuan Indonesia di masa depan.

Tidak tanggung-tanggung, memang seluruh program pembangunan yang telah digagas oleh Presiden Jokowi tersebut selama 2 (dua) periode kepemimpinannya di Indonesia itu merupakan salah satu langkah dalam terus mewujudkan mimpi dari pendiri bangsa, Bung Karno. Yang sejak dulu memang sangat menginginkan agar bangsa ini bisa terus maju dan berdiri di bawah kakinya sendiri (berdikari).

Selama ini memang kinerja yang sudah dilakukan oleh Kepala Negara dalam 10 (sepuluh) tahun periode kepemimpinannya merupakan hal yang sangat luar biasa. Banyak sekali hal yang telah dibenahi olehnya, mulai dari pembangunan infrastruktur yang sangat masif dan dibangun dengan luar biasa serta banyak hal lain lagi.

Beberapa diantaranya adalah kepedulian Pemerintah RI kepada seluruh masyarakat di Indonesia, khususnya bagi mereka warga masyarakat kelas menengah ke bawah yang kurang mampu, pemerintah telah memiliki banyak sekali program jaminan perlindungan sosial, terlebih sangatlah terasa dan terbukti berhasil membantu meringankan beban masyarakat tatkala terjadinya pandemi COVID-19 beberapa waktu yang lalu.

Memang, seluruh program yang telah digagas oleh Presiden Joko Widodo itu semuanya sudah sangat sejalan dan tegak lurus dengan arah garis kepemimpinan Presiden RI pertama, yakni Ir. Soekarno yang memang sangat memimpikan agar bangsa ini bisa menjadi suatu bangsa yang mandiri.

Mimpi-mimpi dari pendiri bangsa itu, terus diupayakan untuk diwujudkan oleh Kepala Negara saat ini agar bisa terwujud, termasuk dalam hal kemandirian Indonesia di sektor perekonomian. Bahkan, data menunjukkan bahwa memang fundamental ekonomi yang dimiliki oleh Tanah Air tidaklah dapat dikatakan main-main.

Terbukti, ekonomi nasional sendiri berhasil terus mengalami pertumbuhan bahkan di tengah banyak sekali permasalahan dunia yang ada, mulai dari semenjak adanya pandemi COVID-19, kemudian ketika pada tahun 2023 ini yang banyak pihak dunia memprediksi bahwa akan terjadi resesi, inflasi hingga stagflasi, yang juga turut mempengaruhi perekonomian negara-negara dunia lain.

Namun hebatnya, justru pada saat seluruh negara ekonominya sedang diombang-ambing, ternyata ekonomi yang dimiliki oleh Indonesia terus berhasil bertahan dan bahkan mengalami pertumbuhan. Semua itu juga bukti nyata dari keberhasilan kepemimpinan Presiden Jokowi.

Menilik dari sisi lain, Indonesia juga merupakan negara yang sangatlah kaya, dengan kepemilikan sumber daya alam (SDA) melimpah yang dimiliki oleh negeri ini. Maka dari itu, seluruh aset dari SDA yang sangat banyak itu harus mampu untuk dikelola dengan sangat baik dan maksimal oleh anak bangsa sepenuhnya.

Dengan adanya pengelolaan dan pemanfaatan akan sumber daya alam yang melimpah di Indonesia itu oleh anak bangsa sendiri, maka tentunya nilai jualnya akan menjadi bertambah sehingga akan semakin banyak pula kebermanfaatan kedepannya akan dirasakan oleh masyarakat sendiri.

Keberhasilan lain dari Presiden Jokowi yang akan terus dikawal dan dilanjutkan oleh Ganjar Pranowo adalah mengenai pengelolaan sumber daya alam oleh anak bangsa. Termasuk salah satunya adalah keberhasilan bangsa ini untuk kembali mengambil alih freeport agar bisa dimanfaatkan dan dikelola sendiri sehingga kekayaan nikel yang dimiliki oleh negeri ini tidak dijual ke negara asing.

Demi bisa benar-benar mewujudkan cita-cita agar bangsa ini mampu untuk secara mandiri mengelola seluruh kekayaannya sendiri dan jauh lebih maju dengan masyarakat yang sejahtera, maka memang harus ada serangkaian langkah yang sama oleh pemimpin Indonesia di masa depan.

Karena tidak bisa dipungkiri lagi bahwa misalnya seluruh program unggulan ataupun program pembangunan yang sudah dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo itu bisa terus dilanjutkan dengan maksimal, maka bukan tidak mungkin akan terus semakin memberikan dampak positif dengan lebih luas.

Mengawal dan melanjutkan seluruh program unggulan ataupun program pembangunan yang sebelumnya sudah digagas oleh Presiden Jokowi memang menjadi sebuah keharusan yang sangat penting agar dilakukan oleh pemimpin masa depan bangsa. Maka dari itu, sosok Ganjar Pranowo adalah kriteria pemimpin masa depan paling ideal dan tepat untuk bisa terus mewujudkan mimpi pendiri bangsa dan melanjutkan program Kepala Negara saat ini untuk Indonesia yang jauh lebih maju dan mandiri.

)* Penulis adalah kontributor Jendela Nusantara Institute

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda