Parpol Pendukung Ganjar Optimis Menang Satu Putaran dalam Pilpres 2024 - BERITA KALIMANTAN

Jumat, 23 Juni 2023

Parpol Pendukung Ganjar Optimis Menang Satu Putaran dalam Pilpres 2024

Jakarta — Partai politik pendukung dan pengusung Ganjar Pranowo terus optimis mampu memenangkan Capres tersebut hanya dalam satu putaran saja dalam pelaksanaan Pilpres 2024.

Bukan tanpa alasan optimisme tersebut muncul. Pasalnya, memang nama Gubernur Jawa Tengah itu terus berada pada posisi pundak diberbagai hasil survei lembaga riset politik.

Sehingga, peluang akan elektabilitas yang dimiliki oleh Ganjar memang masih sangatlah besar.

Perlu diketahui bahwa angka elektoral dari pemimpin yang identik dengan rambut putih itu masih di bawah 40 persen, namun rata-ratanya sudah sekitar 30 persen hingga 38 persen dan memiliki peluang besar untuk terus meningkat.

Maka dari itu, seluruh kerja politik untuk bisa semakin mengenalkan Ganjar ke masyarakat harus terus ditingkatkan.

Terkait hal tersebut, politikus Partai Hanura, Inas Nasrullah Zubir meminta kepada PDI Perjuangan untuk segera memantapkan konsolidasi dengan mengundang seluruh parpol koalisi demi meningkatkan elektabilitas dari pemimpin berusia 54 tahun itu.

Menurutnya, seluruh parpol koalisi harus terus bekerja sehingga angka elektoral yang diniliki oleh Ganjar Pranowo mampu mencapai di atas 50 persen sehingga bisa memenangkan Pilpres 2024 satu putaran saja.

Terlebih, dengan terselenggaranya satu putaran dalam pelaksanaan Pilpres, maka akan jauh lebih menghemat anggaran.

"Kalau perlu sampai di atas 50% agar dapat berkompetisi satu putaran saja. Jauh lebih baik bukan? Menghemat uang rakyat agar tidak terhambur-hambur hanya untuk perebutan kekuasaan semata," ujar Inas.

Pada kesempatan lain, peneliti dari Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Saidiman Ahmad menyatakan bahwa Ganjar memiliki peluang lebih tinggi untuk terus menaikkan elektabilitasnya jika dibandingkan dengan tokoh lain.

Memang kunci untuk bisa terus menaikkan angka elektoral dari kader PDI Perjuangan itu adalah pengenalan ke publik harus maksimal.

Menurut Saidiman bahwa jika semakin baik adanya pengenalan publik akan sosok Gubernur Jateng itu, maka peluangnya untuk memenangkan Pilpres 2024 hanya dalam satu putaran juga akan meningkat.

Sementara itu, Ketua DPP PDI Perjuangan, Said Abdullah juga meyakini bahwa capres dari partanya tersebut akan bisa menang dalam satu putaran saja.

Baginya, apabila sampai ada dua putaran Pilpres, justru hanya akan membuang waktu saja.

"Saya hakul yakin dengan rakernas ini dan turun di 65 titik, kok, rasa-rasanya, buang-buang energi kalau sampai dua putaran. Kami yakin Ganjar, satu putaran," ucap Said.

****

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda