Pemerintah Sukses Tarik Minat Investor Demi Perluas Lapangan Pekerjaan - BERITA KALIMANTAN

Minggu, 18 Juni 2023

Pemerintah Sukses Tarik Minat Investor Demi Perluas Lapangan Pekerjaan

Jakarta — Pemerintah RI menuai keberhasilan besar dalam melakukan upaya kerja sama bisnis dengan banyak pihak dan juga terus mampu menarik minat dari para investor. Seluruhnya terbukti berdampak pula pada keterbukaan banyaknya lapangan pekerjaan yang berguna bagi masyarakat.

Sesaat sebelum pelaksanaan Hannover Messe 2023, Indonesia telah menandatangi hingga sebanyak 19 nota kesepahaman bisnis dengan banyak pihak.

Terkait adanya penandatanganan itu, Dirjen KPAII Kemenperin, Eko Cahyanto mengungkapkan bahwa kerja sama yang dilakukan oleh Indonesia itu diantaranya adalah berupa investasi, kontrak pembelian dan juga pemanfaatan teknologi.

Tidak bisa dipungkiri, bahwa adanya ketertarikan dari berbagai pihak untuk terus menjalin kerja sama dengan Tanah Air dikarenakan berbagai macam faktor.

Beberapa diantaranya adalah karena Indonesia sendiri dinilai memiliki sumber daya alam dan sumber daya manusia yang melimpah.

Bukan hanya itu, namun bangsa ini juga memang berada pada posisi strategis sebagai jalur perdagangan.

Untuk semakin menunjang adanya minat para investor dalam melakukan penanaman modal, bahkan pihak Kemenperin akan terus mendorong adanya promosi.

“Selanjutnya, Kementerian Perindustrian akan terus mendorong promosi dan percepatan realisasi asing masuk ke Indonesia,” kata Eko.

Selain itu, menurut Menko Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto bahwa yang menjadikan banyak pihak sangat tertarik melakukan investasi di Indonesia adalah karena bangsa ini menjadi salah satu negara anggota G20 yang paling sukses melakukan pemulihan ekonomi.

Data menunjukkan bahwa perekonomian di Indonesia sendiri berhasil terus mengalami pertumbuhan bahkan hingga sebesar 5,03 persen secara tahunan pada triwulan I 2023.

Tentu dengan adanya keberhasilan melakukan pertumbuhan ekonomi nasional tersebut, juga menjadi bukti konkret bahwa Indonesia mampu mengatasi dampak pandemi COVID-19 dengan baik.

Dengan masuknya beberapa perusahaan yang menanamkan investasinya di Tanah Air tersebut, juga akan semakin menunjang pemulihan ekonomi nasional, termasuk juga mampu meningkatkan daya saing industri.

“Grand Opening of 6 Companies di Wiraraja Industrial Park merupakan salah satu momen penting bagi Indonesia dalam upaya pemulihan ekonomi pascapandemi COVID-19 serta mengakselerasi peningkatan daya saing industri dan pertumbuhan ekonomi nasional,” kata Airlangga.

Bukan hanya sekedar promosi yang terus dilakukan, namun keberhasilan Pemerintah RI terus menarik investasi masuk ke Indonesia juga merupakan dampak dari adanya kemudahan investasi yang telah diberikan.

Beberapa diantaranya adalah tax holiday, tax allowance, import duty exemption dan super tax deduction untuk semakin menarik minat para investor untuk menanamkan modalnya di Indonesia.

Buktinya, seluruh kemudahan investasi yang telah diberikan Pemerintah RI itu langsung berhasil menarik minat perusahaan menanamkan modalnya.

Baru-baru ini, enam perusahaan telah resmi melakukan investasi di Wiraraja Industrial Park di Kabil, Batam, Kepulauan Riau.

Tidak tanggung-tanggung, bahkan nilai investasi yang mereka berikan hingga sebesar 800 juta US Dollar atau sekitar Rp 12 triliun.

Kemudian, dampak lain dari adanya investasi tersebut bagi Indonesia adalah, seluruh perusahaan tersebut diproyeksikan akan bisa menciptakan lapangan pekerjaan hingga sebanyak 13 ribu orang.

****

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda