Dinilai Ikuti Perkembangan Jaman, Banyak Pemuda Jadi Jurkam Ganjar Pranowo - BERITA KALIMANTAN

Senin, 24 Juli 2023

Dinilai Ikuti Perkembangan Jaman, Banyak Pemuda Jadi Jurkam Ganjar Pranowo

Oleh : Ananda Prameswari )*

Ganjar Pranowo menjadi salah satu tokoh politik yang terus mengikuti perkembangan zaman, khususnya mengikuti anak muda di zaman sekarang. Sebab hal tersebut, banyak kaum milenial yang mengenal sosoknya bahkan, hingga menjadi juru kampanye (Jurkam) untuknya.

Mengikuti perkembangan zaman memang perlu dilakukan agar tidak tergerus dan terus berkembang, hal inilah yang dilakukan oleh calon presiden Ganjar Pranowo yang akhirnya turut dikenal oleh kalangan kaum milenial atau gen Z.

Terkait bagaimana sosok pemimpin yang identik dengan rambut putihnya itu bisa sangat dikenal dan disukai oleh para generasi muda penerus bangsa, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Hasto Kristiyanto menyatakan bahwa telah terdapat sejumlah nama anak muda yang secara resmi masuk ke dalam daftar juru kampanye (jurkam) dari Gubernur Jawa Tengah (Jateng) itu dalam kontestasi politik Pemilihan Presiden (Pilpres) pada tahun 2024 mendatang.

Selain bukan hanya karena sosok dari pemimpin berusia 54 tahun itu sangat dekat dan banyak dikenal serta digemari oleh para pemuda saja, namun bagaimana dukungan dari para milenial itu ternyata juga sangat dibutuhkan, utamanya untuk menjadi salah satu bagian dari Tim Sukses (Timses), yakni dengan menjadi juru kampanye karena akan mampu membantu memahami kiranya apa saja yang akan dibutuhkan dan bisa diterima oleh para pemuda.

Pihak PDI Perjuangan sendiri juga sangat menyadari bahwa betapa sangat besarnya potensi dari para pemilih pemuda dalam perhelatan pesta demokrasi dan kontestasi politik tahun 2024 mendatang. Maka dari itu, partai pimpinan Megawati Soekarnoputri tersebut telah mempersiapkan para anak muda yang bahkan bukan hanya sekedar mengandalkan kemudaan mereka saja, namun memang memiliki visi.

Sebagai informasi, beberapa anak muda dan kaum milenial yang telah ditugaskan ntuk menjadi sebagai juru kampanye dari Ganjar Pranowo diantaranya adalah Muhammad Zinedine Alam Ganjar, Gibran Rakabuming Raka, Diah Pikatan Orrisa Putri Hapsari dan Aryo Seno Bagaskoro.

Aryo sendiri menyampaikan bahwa tugas sebagai seorang Juru Kampanye (Jurkam) memang merupakan sebuah tanggung jawab dan juga sekaligus menjadi suatu kehormatan besar untuknya. Lebih lanjut, menurutnya, penugasan sebagai jurkam tersebut mampu untuk menjadi contoh agar para anak muda lainnya bisa dapat terlibat dalam pembangunan di Tanah Air.

Dengan adanya penugasan para anak muda untuk menjadi juru kampanye dari Ganjar Pranowo tersebut juga, menjadi sebuah bukti nyata bahwa memang PDI Perjuangan dan Calon Presiden itu telah memberikan ruang yang sangat luas kepada para kaum milenial untuk bisa turut serta dan terlibat aktif dalam perumusan gagasan hingga ide dalam membangun Indonesia ke depannya.

Tidak bisa dipungkiri bahwa memang para anak muda sendiri sangat memiliki intensitas tinggi kepada teknologi. Utamanya, bagi para pemuda generasi penerus bangsa saat ini, penggunaan akan sosial media (sosmed) untuk melakukan komunikasi sendiri, menjadi salah satu komponen yang juga sangat penting dalam melakukan kegiatan kampanye.

Selain itu, bagi para pemuda di jaman sekarang ini, mereka lebih cenderung suka seorang pemimpin yang mampu diajak berkomunikasi dan berdialog secara partisipatif. Maka dengan adanya juru kampanye dari kalangan para pemuda itu, di satu sisi mampu untuk menyampaikan berbagai macam gagasan dan program dari Ganjar Pranowo, namun di sisi lain juga mampu menyampaikan bagaimana pemikiran dan keinginan dari para anak muda lainnya kepada pemimpin masa depan bangsa itu.

Calon Presiden dari partai berlogo banteng dengan moncong putih tersebut juga terus mendorong kepada seluruh anak muda agar bisa cepat beradaptasi untuk mengikuti perkembangan dunia, khususnya bagaimana cepatnya perkembangan di dunia digital sekarang ini.

Menurut pemimpin tersebut, bagaimana perkembangan dunia digital, khususnya bagi para Gen Z dan juga para milenial memang harus terus disertai dengan adanya pengetahuan dan juga keterampilan agar mereka semua mampu untuk terus mengimbangi pengalaman yang didapatnya.

Sebenarnya, para anak muda di jaman sekarang ini memang semuanya telah dibekali dengan adanya teknologi digital yang mumpuni seperti penggunaan gadget, yang mana dapat menjadi suatu modal untuk memaksimalkan bakat dan minat mereka. Karena, dengan adanya seluruh hal tersebut, maka para pemuda bisa saja mendapatkan banyak sekali informasi sebagai bekal mereka agar bisa jauh lebih beradaptasi dengan perkembangan jaman.

Sebagai seorang pemimpin yang memiliki pengalaman banyak dan juga berkompetensi, Ganjar Pranowo sendiri bahkan telah membuat banyak sekali program hingga kebijakan yang di dalamnya melibatkan serta terus mendorong bagaimana peran para pemuda. Beberapa diantara kebijakan tersebut adalah dengan membuat ruang kreatif bernama Hetero Space yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti komunal area, meeting room, event space, dan private office yang bisa digunakan individu, komunitas, maupun perusahaan start up untuk berkolaborasi dan berkreasi.

)* Penuli adalah Kontributor Ruang Media

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda