Survei Terbaru Tunjukkan Ganjar Capres Paling Didukung Jokowi - BERITA KALIMANTAN

Selasa, 25 Juli 2023

Survei Terbaru Tunjukkan Ganjar Capres Paling Didukung Jokowi

Jakarta — Ganjar Pranowo menjadi sosok Calon Presiden (Capres) yang paling didukung oleh Presiden RI, Joko Widodo dalam Pilpres 2024 mendatang.

Mengenai hal tersebut, Direktur Ekskutif Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi menyampaikan bahwa temuan data itu berasal dari hasil survei pada periode tanggal 20 hingga 24 Juni 2023.

"Ganjar dinilai paling didukung Jokowi, baru Prabowo, dan Anies," demikian rilis resmi lembaga itu,

Tidak tanggung-tanggung, bahkan nama Ganjar Pranowo sendiri menduduki posisi paling tertinggi sebagai kandidat Capres yang mendapatkan dukungan Kepala Negara menurut para responden mereka dengan angka 45,2 persen.

Sebagai informasi, Survei dari Indikator Politik itu dilakukan secara tatap muka terhadap sebanyak 1.220 responden dari seluruh provinsi di Indonesia dengan usia minimal 17 tahun.

Kemudian responden dipilih dengan menggunakan metode simple random sampling, yang mana memiliki margin of error dari survei sekitar 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan hingga 95 persen.

Kebenaran akan survei tersebut juga diamini oleh PDI Perjuangan selaku partai pengusung Ganjar Pranowo.

Wakil Ketua Tim Koordinasi Relawan Pemenangan Pilpres (TKRPP) PDI Perjuangan, Adian Napitupulu menyebutkan bahwa memang sama sekali tidak ada alasan lain lagi bagi Presiden Jokowi untuk tidak mendukung pemimpin yang identik dengan rambut putih tersebut.

Meski di sisi lain, memang Kepala Negara tidak menyampaikan pilihan politiknya itu secara terbuka ke publik karena berupaya untuk menjaga netralitasnya selaku pejabat negara.

"Tidak ada alasan Jokowi untuk tidak mendukung Ganjar, dong, walaupun dia sebagai kepala negara dia (Jokowi) tidak mungkin menyampaikan dalam pidato terbuka, enggak mungkin," kata Adian.

Dirinya menyebutkan bahwa sosok Presiden Jokowi selaku kader PDI Perjuangan tentunya akan terus mengikuti bagaimana kebijakan dari patai dan beliau pasti metakini semua sikap dari partai.

"Dia (Jokowi) kader partai, dia tahu bagaimana berjalan bersama-sama di PDI Perjuangan dalam banyak kesempatan di mana dia jadi wali kota dua periode, gubernur, kemudian presiden," ujar Adian.

Bahkan, sebagai salah satu wujud dan bentuk nyata akan dukungan dari Jokowi kepada Ganjar Pranowo, kini putra sulungnya, yakni Gibran Rakabuming Raka pun juga telah resmi ditunjuk sebagai juru kampanye untuk pemenangan Gubernur Jawa Tengah tersebut dalam Pilpres.

Kemudian nantinya, pada waktunya tiba, maka Presiden Jokowi sendiri yang akan memberikan dukungan kepada Ganjar.

"Jadi, yang saya yakini dan yang saya bicara, kan, dengan Presiden, bukan cuma Gibran yamg akan berkampanye buat Ganjar, tetapi ketika waktunya sudah, Presiden juga, kan, boleh berkampanye," ucap Adian. []

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda