Cetak Prestasi, Ganjar Pranowo Menjadi Gubernur Punakawan Inspirasi Pebisnis - BERITA KALIMANTAN

Sabtu, 05 Agustus 2023

Cetak Prestasi, Ganjar Pranowo Menjadi Gubernur Punakawan Inspirasi Pebisnis

Oleh : Amara Anindya )*

Ganjar Pranowo mendapatkan penghargaan sebagai Gubernur Punakawan, karena ia adalah inspirator bagi para pebisnis. Penghargaan ini bergengsi karena langsung diberikan oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala BPPN Suharso Monoarfa. Ganjar berterima kasih atas penghargaan ini dan merasa sangat terhormat mendapatkannya.

Ganjar Pranowo adalah calon presiden ideal karena beliau bertekad untuk mengentaskan kemiskinan di Indonesia. Sebagai tokoh yang sudah berpengalaman dalam memimpin, beliau ingin jadi kepala negara untuk memakmurkan rakyat. Masyarakat mendukung Ganjar sebagai calon presiden idaman dan memenangkan beliau dalam pemilu 2024.

Calon presiden Ganjar Pranowo sangat dicintai rakyat Indonesia. Sosoknya disukai karena beliau punya pandangan yang maju dan mampu membawa Indonesia jadi salah satu macan Asia. Masyarakat siap memenangkan Ganjar dalam Pilpres 2024.

Pada tanggal 3 Agustus 2023 Ganjar Pranowo mendapatkan penghargaan ‘Gubernur Punakawan’ yang diberikan oleh MarkPlus Institute bersama Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) dalam pembukaan Indonesian Marketing Festival (IMF) 2023, di Kota Semarang.

Founder & Chairman MarkPlus Institute, Hermawan Kartajaya mengatakan, penghargaan Gubernur Punakawan tersebut diberikan setelah melakukan pengamatan dan penilaian selama lebih kurang 10 tahun. Selama dua periode menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dinilai memiliki sifat atau karakter layaknya Punakawan.

Hermawan Kartawijaya menambahkan, Ganjar adalah seorang gubernur tapi juga pelayan (masyarakat). Punakawan itu kalau di cerita Jawa, Mahabarata Jawa, ini memang datang seolah-olah jadi pelayan, padahal penasihat.

Dalam cerita pewayangan, punakawan ada 4 yakni Semar, Gareng, Petruk, dan Bagong. Mereka adalah tokoh wayang yang sering menasehati para Pandawa (Yudhistira dan keempat adiknya). Sosok Ganjar Pranowo dipandang sebagai punakawan karena merakyat, sering menasehati dengan halus, dan tidak sombong walaupun beliau adalah orang yang cerdas.

Pujian dari Hermawan Kartawijaya bukan sekadar pujian, melainkan kenyataan. Ganjar telah menampakkan diri sebagai ‘pelayan’ masyarakat. Di akun media sosialnya beliau menuliskan motto ‘gubernur Cuma mandat, tuanku ya rakyat’. Hal ini membuktikan bahwa beliau menjadi pejabat untuk benar-benar melayani masyarakat.

Hermawan menjelaskan, dalam bukunya yang berjudul Entrepreneurial Marketing, Punakawan memiliki filosofi yang menjadi model dan inspirasi kinerja pelaku bisnis atau entrepreneur.

Model yang terinspirasi dari filosofi tokoh asli Indonesia itu, antara lain tentang konsep Creativity–Innovation–Entrepreneurial–Leadership (CI-EL) dan Productivity–Improvement–Professionalism–Management (PI-PM), sebagai pisau analisis dan pengembangan strategi di era Post Normal.

Ganjar Pranowo memiliki kreativitas, inovasi, dan kepemimpinan, seperti dalam konsep tersebut. Beliau memang kreatif bukan cuma produktif. Idenya ada saja, macam-macam. Ganjar bisa menyempatkan datang walaupun 15 menit.. Jadi produktivitasnya justru naik, satu hari bisa ke mana-mana. Kalau itu tidak kreatif ya tidak bisa.

Dalam hal inovasi, Ganjar juga memiliki hal itu. Selama dua periode memimpin Jawa Tengah, Ganjar sangat inovatif dalam banyak hal. Tidak hanya melakukan improvement atau penyempurnaan, tetapi Ganjar melakukan banyak lompatan.

Kepimpinan Ganjar juga menjadi faktor bagaimana kreativitas dan inovasi itu, dapat berjalan dengan baik di Jawa Tengah. Entrepreneur itu harus berani mengambil risiko, melihat kesempatan, dan memang bisa bekerja sama dengan orang lain. Itu kan sifatnya Pak Ganjar. Kalau profesional itu disiplin dan lainnya. Beliau juga leader, bukan cuma manajer. Gubernur ya pasti manajer tertinggi, CEO Jawa Tengah.

Hermawan menambahkan, dalam penyerahan penghargaan Gubernur Punakawan itu, MarkPlus Institute sengaja menggandeng Universitas Jenderal Soedirman. Sebab mereka juga memiliki kerja sama dalam bidang human entrepreneurship.

Masyarakat terutama yang tinggal di Jawa Tengah bangga akan prestasi Ganjar. Mereka senang karena gubernurnya dianggap cakap dan memiliki leadership yang tinggi.

Ketika Ganjar menunjukkan hasil kerjanya maka akan makin dipercaya rakyat untuk jadi Presiden RI tahun depan. Tahun 2022 ada 30 penghargaan yang sudah beliau raih. Hal ini menunjukkan bagwa Ganjar adalah pemimpin berprestasi, sehingga makin dicintai oleh rakyat Indonesia.

Kemudian, Ganjar telah membangun setidaknya 71 Puskesmas sejak tahun 2012 hingga 2020. Rakyat makin mencintai Ganjar karena beliau sangat perhatian dan ingin agar masyarakat mendapatkan fasilitas kesehatan yang lebih dekat dan peralatannya lengkap.

Dalam sebuah survey Ganjar memenangkan suara daripada capres lain. Kemudian, pada survey di lembaga yang berbeda, beliau juga tetap menjadi nomor satu. Hal ini benar-benar menunjukkan bahwa rakyat menginginkannya jadi presiden selanjutnya. Ganjar layak memimpin bahkan tak hanya di Jawa Tengah, tapi di Indonesia.

Hasil survey tentu tak bisa dibeli. Apalagi yang dipaparkan adalah hasil dari beberapa lembaga survey. Ketika semua mengatakan bahwa Ganjar adalah pemenang survey maka beliau sudah pasti menjadi presiden berikutnya.

Ganjar Pranowo menunjukkan prestasi-prestasinya dan beliau bangga karena mendapatkan penghargaan sebagai Gubernur Punakawan. Alasannya karena punakawan adalah pelayan yang merakyat dan menasehati orang lain dengan cara yang baik. Seluruh rakyat Indonesia makin yakin bahwa Ganjar akan menjadi presiden selanjutnya.

)* Penulis adalah  kontributor GIGIH (Gerakan Inklusif Ganjar untuk Indonesia Harmoni)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda