Survei SMRC Terbaru Tunjukkan Mayoritas Masyarakat Yakini Presiden Jokowi Dukung Ganjar Pranowo - BERITA KALIMANTAN

Jumat, 04 Agustus 2023

Survei SMRC Terbaru Tunjukkan Mayoritas Masyarakat Yakini Presiden Jokowi Dukung Ganjar Pranowo

JAKARTA – Menurut survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang terbaru menunjukkan bahwa mayoritas masyarakat meyakini Presiden Joko Widodo mendukung calon presiden Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 mendatang.

Berdasarkan survei terbaru SMRC per-Juli 2023, menurut sang pendiri yakni Saiful Mujani mengatakan sebanyak 40,6 persen publik menilai Presiden Joko Widodo mendukung Ganjar Pranowo.

Hasil tersebut juga menunjukkan Gubernur Jawa Tengah itu unggul melawan 2 calon presiden lainnya. Adapula 18,7 responden yang menjawab tidak tahu.

“Harusnya karena sama-sama berasal dari partai yang sama gitu ya, dari PDIP dan terlihat langsung menghadiri deklarasi Ganjar. Harusnya, setidak-tidaknya dari harapan pendukung Ganjar itu mayoritas di masyarakat punya opini bahwa Pak Jokowi mendukung Ganjar,” ujar Saiful.

Lebih lanjut, survei SMRC juga menyertakan pendapat untuk responden mengenai sosok yang dianggap mampu meneruskan program Presiden Jokowi, mulai dari pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), infrastruktur seperti bandara, jalan tol, bendungan dan lainnya.

Lagi-lagi hasil menunjukkan Ganjar memimpin 40 persen suara responden lebih unggul dibandingkan 2 capres lainnya.

“Opini publik atau pandangan publik tentang siapa yang akan melanjutkan program Pak Jokowi itu, cukup menyebar. Menyebar antara Ganjar dan Prabowo,” lanjutnya.

Sebagai informasi tambahan response rate atau responden yang diwawancarai secara valid sebanyak 1.041 atau 86 persen, 1.061 responden yang dianalisis dari 1.220 sampel. Dengan Margin of error survei ukuran sampel tersebut diperkirakan kurang lebih 3,1 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia menyebutkan bahwa calon presiden Ganjar Pranowo adalah sosok yang paling didukung oleh Presiden Jokowi.

Sementara itu, pada kesempatan lain Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengatakan bahwa dirinya siap melanjutkan program hilirisasi Presiden Jokowi, bahkan mendorong hilirisasi ke sektor-sektor yang lain.

“Tadi Pak Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa proyek hilirisasi harus dilanjutkan. Bukan hanya satu produk, tapi hilirisasi banyak produk yang kita miliki,” kata Ganjar.

Rencananya, bila perlu Ganjar akan mendorong hilirisasi tersebut ke sektor digital untuk memacu ekonomi kreatif Indonesia.

“Kalau perlu industri digital kita hilirisasikan. Dengan begitu, maka ekonomi kreatif bisa muncul,” lanjutnya.

Meskipun sempat digugat oleh World Trade Organization (WTO) dan diingatkan oleh International Monetary Fund (IMF), menurut Presiden Jokowi program ini harus diteruskan.

“Meskipun kita digugat oleh WTO dan diingatkan IMF, apapun barang ini (hilirisasi) harus kita teruskan,” tegas Jokowi.

Menyoal program hilirisasi, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan juga berharap agar program tersebut terus berjalan oleh presiden yang terpilih berikutnya.

“Siapa yang menjadi presiden berikutnya? Ini menjadi pekerjaaan Anda. Saya (sudah) bicara ke dua calon presiden ini (hilirisasi) jadi mainan Anda,” ujar Luhut

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda