Survei SMRC Tunjukkan Dukungan Kuat Rakyat Indonesia Terhadap Ganjar Pranowo - BERITA KALIMANTAN

Rabu, 23 Agustus 2023

Survei SMRC Tunjukkan Dukungan Kuat Rakyat Indonesia Terhadap Ganjar Pranowo

Oleh : Titi Viorika )*

Survei terbaru Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) mencerminkan keinginan sangat kuat dari seluruh elemen masyarakat Indonesia dalam mendukung sosok Ganjar Pranowo agar bisa menjadi Presiden 2024, lantaran dianggap sebagai seseorang yang paling cocok untuk melanjutkan kinerja Presiden Jokowi saat ini.

SMRC menyebutkan bahwa angka elektoral dari para kandidat yang akan bertarung dalam pesta demokrasi dan kontestasi politik melalui penyelenggaraan Pemilihan Presiden (Pilpres) pada tahun 2024 mendatang bahwa nama Ganjar Pranowo berhasil menduduki posisi puncak.

Mengenai hasil terbaru survei tersebut, Direktur Riset SMRC, Deni Irvani menjelaskan bahwa dalam simulasi pilihan tertutup yang hanya mengerucut kepada 3 (tiga) nama saja, ternyata Calon Presiden (Capres) yang diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) tersebut berhasil mengantongi suara dari publik hingga 35,9%. Kemudian tepat di bawahnya, menempati posisi kedua adalah Prabowo Subianto dengan pemilih 33,6% dan pada posisi juru kunci masih saja terus pada nama Anies Baswedan hanya dengan sekitar 20,4% dukungan.

Tidak bisa dipungkiri bahwa setidaknya dalam 2 (dua) tahun terakhir memang angka elektoral Ganjar Pranowo secara konsisten mengalami peningkatan. Diketahui bahwa pada bulan Mei 2021 lalu hingga Agustus 2023, dukungan kepada Ganjar terus meroket.

Tidak tanggung-tanggung, bahkan yang dulunya dukungannya hanya 25,5%, saat ini berdasarkan data dan hasil survei terbaru yang dilakukan oleh SMRC, ternyata masyarakat memang telah memantapkan hati mereka untuk memiliki pemimpin yang identik dengan rambut berwarna putih tersebut, sehingga angka elektoralnya mampu melesat mencapai sebesar 35,9%.

Berbeda jika dibandingkan dengan nama kandidat lain yang memang sejak 2 (dua) tahun terakhir ini masih tergolong stagnan atau bahkan ada pula nama kandidat lain yang jika dilihat dan dibandingkan pergerakannya selama dua tahun ke belakang, justru mengalami kemerosotan elektabilitas.

Lebih lanjut, ia mengatakan dukungan kepada Ganjar juga menguat setelah dideklarasikan sebagai Capres oleh PDIP, dari 33,2% di awal April 2023 menjadi 39,2% di awal Mei 2023 atau naik 6 persen, namun kembali turun sampai survei pertengahan Juli 2023 menjadi 30,8%.

Setelah sempat mengalami koreksi pada bulan Juli, sesegera mungkin elektabilitas sosok pemimpin kelahiran Kabupaten Karanganyar itu berhasil mengalami rebound atau kembali memantul ke atas hingga mencapai 35,9% sejak awal Agustus 2023.

Sebagai informasi tambahan, survei SMRC diselenggarakan secara nasional pada 31 Juli-11 Agustus 2023. Populasi survei adalah seluruh warga negara Indonesia yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah berusia 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Menanggapi adanya kemunculan data hasil survei terbaru dari lembaga independen dan kredibel tersebut, Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Ferry Kurnia Rizkiyansyah menilai bahwa sosok Ganjar Pranowo memang merupakan pemimpin yang sangat diinginkan oleh seluruh masyarakat di Tanah Air, terlebih memang untuk bisa melanjutkan kepemimpinan dari Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi).

Menurutnya, manuver politik elite belakangan ini tidak memengaruhi dukungan masyarakat terhadap Ganjar Pranowo. Ferry menyampaikan hal itu merespons hasil survei Litbang Kompas. Meski bersaing ketat, tetapi elektabilitas Ganjar tetap unggul dari Bacapres lain.

Dengan adanya hasil survei yang menunjukkan bahwa sosok Kader PDIP tersebut memiliki elektabilitas yang terus naik dibandingkan dengan Bacapres lain yang cenderung stagnan atau menurun, maka sudah bisa dikatakan pula bahwa dukungan serta keinginan dari segenap elemen bangsa sangat kuat tercermin hanya kepada namanya, terlebih bagaimana keinginan masyarakat agar seluruh program pembangunan Kepala Negara saat ini bisa dilanjutkan.

Menurut Ferry, peningkatan elektabilitas Ganjar karena berbagai faktor, seperti sosialisasi yang efektif sehingga disukai masyarakat dan peningkatan popularitas atas dukungan terhadap kebijakan yang Ganjar usung. Tipe pergerakan Ganjar sendiri juga dinilai sama dengan Presiden Joko Widodo, yakni keduanya memang bergerak dari lokal dengan memahami denyut nadi masyarakat secara langsung.

Ferry menambahkan meskipun persaingan elektabilitas dengan Bacapres lain tetap ketat, tetapi survei Litbang Kompas menandakan bahwa dalam rentang waktu survei tersebut, Ganjar berhasil memperoleh lebih banyak dukungan dari masyarakat.

Dukungan kepada Ganjar Pranowo semakin hari kian meningkat, yang mana hal tersebut juga senada dengan hasil survei berbagai lembaga independen seperti SMRC dan Litbang Kompas. Hal ini mencerminkan keinginan sangat kuat dari masyarakat Indonesia untuk memilihnya dan menghendakinya sebagai Presiden 2024.

)* Penulis adalah Pemerhati Masalah Sosial Politik

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda