Ganjar Pranowo Miliki Peluang Besar Rebut Hati Masyarakat Minangkabau di Sumbar - BERITA KALIMANTAN

Rabu, 06 September 2023

Ganjar Pranowo Miliki Peluang Besar Rebut Hati Masyarakat Minangkabau di Sumbar

Oleh : Arka Bhadrika Wahyatma )*

Ganjar Pranowo memiliki peluang yang sangat besar untuk mampu merebut hati dari seluruh masyarakat Minangkabau di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Hal tersebut dikarenakan sosoknya yang merupakan pemimpin muda dan energik, selain itu juga dikenal sangat merakyat hingga mampu dekat dengan semua kalangan masyarakat termasuk dekat dengan para tokoh ulama.

Calon Presiden (Capres) yang diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Ganjar Pranowo sejauh ini memang seorang pemimpin yang sangat dicintai oleh rakyatnya bahkan dari hati nurani mereka. Hal tersebut tentunya dikarenakan bagaimana rekam jejak hingga banyaknya pengalaman serta prestasi yang telah dicetak olehnya.

Tidak terkecuali, bukan hanya masyarakat yang berasal dari Provinsi Jawa Tengah (Jateng) saja ataupun masyarakat yang berlatar belakang nasionalis saja, namun segenap elemen masyarakat yang juga memiliki latar belakang religius, seluruhnya sangat mencintai sosok pemimpin yang identik dengan rambut putih itu.

Salah satunya, masyarakat Minangkabau yang berada di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Mengenai hal itu, Ketua Dewan Pimpinan Daerah Teman Ganjar Sumatera Barat, Mabruri Tanjung menyatakan bahwa orang-orang Minang memang memiliki keluhuran budaya yang harus terus mampu untuk dirawat secara turun-temurun.

Bahkan apabila dilihat dari sisi historisnya, hampir setengah para pendiri bangsa ini berasal dari Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) atau mereka memiliki darah Minang. Maka dari itu, pendekatan tepat yang bisa dilakukan untuk terus menggaet suara dari Sumbar adalah dengan menggunakan pendekatan dari hati dan juga sentuhan kasih sayang adalah yang paling tepat.

Mengetahui adanya masukan tersebut, Ganjar Pranowo kemudian mengamininya. Mantan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) ini juga menegaskan bahwa dirinya sama sekali tidak memiliki sentimen negatif apapun terhadap seluruh warga di Sumatera Barat.

Lebih lanjut, bahkan pemimpin berusia 54 tahun itu mengaku bahwa dirinya sangatlah menyukai rendang Padang dan juga sering menyantapnya di rumah makan Pagi Sore. Maka dari itu, dirinya berucap kepada seluruh masyarakat di Sumbar bahwa dia sangatlah mencintai Sumatera Barat.

Sementara itu, seorang Pengamat Politik, Prof. Asrinaldi menyebutkan bahwa Ganjar Pranowo sendiri memang memiliki peluang, bahkan peluang tersebut hingga sebesar 25 persen suara di Sumatera Barat pada pelaksanaan pesta demokrasi dan kontestasi politik melalui Pemilihan Presiden (Pilpres) pada tahun 2024 mendatang.

Terbukti bahwa ternyata memang partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu di beberapa daerah di Sumbar masih memiliki dukungan yang cukup kuat. Beberapa daerah tersebut antara lain adalah Dharmasraya, Mentawai, Pasaman Barat, Padang Pariaman hingga beberapa daerah lainnya.

Meski fakta menunjukkan bahwa perolehan suara yang dimiliki oleh Presiden RI saat ini, Joko Widodo (Jokowi) di provinsi tersebut terbilang tidak terlalu besar, yakni 14 persen pada pengalaman perhelatan Pilpres tahun 2019 silam, namun pengamat politik itu menegaskan dan meyakini bahwa perolehan suara yang akan dimiliki oleh Ganjar akan jauh melebihi itu.

Menurut Guru Besar (Gubes) Universitas Andalas (Unand) tersebut, bahwa pemimpin kelahiran Kabupaten Karanganyar itu setidaknya minimal akan memperoleh suara hingga sebanyak 25 persen di Sumbar. Pasalnya sosoknya memang merupakan seorang pemimpin muda dan juga dikenal sangatlah merakyat.

Selain dari bagaimana sosok yang dimiliki oleh Ganjar Pranowo sendiri, kemudian Dosen Departemen Ilmu Politik Unand tersebut juga menjelaskan bawa PDI Perjuangan pun memiliki patron untuk bisa menggerakkan seluruh mesin politik mereka. Maka semua kader PDI Perjuangan yang sekaligus merupakan tokoh di Sumatera Barat sangat memegang peranan yang penting, karena tentu mereka akan menjadi pondasi untuk mendorong atau mengangkat perolehan suara lebih banyak lagi.

Melalui adanya peranan para kader partai berlogo banteng dengan moncong putih tersebut di Sumatera Barat, yang juga sekaligus mereka merupakan tokoh masyarakat setempat, maka jelas sekali bahwa perolehan suara yang dimiliki oleh Calon Presiden (Capres) yang juga diusung oleh Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu jelas akan menjadi jauh lebih baik jika dibandingkan dengan kemungkinan perolehan suara yang didapatkan oleh Presiden Jokowi pada Pilpres 2019 silam.

Fakta lain menunjukkan bahwa memang para pemilih di Sumatera Barat menurut Porf. Asrinaldi adalah mereka tidak ada yang idealis, namun mereka jauh lebih cenderung memilih dan menetapkan pandangan politiknya adalah karena adanya sosok figur. Tentunya figur dari sang Capres sendiri merupakan satu hal penting, namun figur dari tokoh lain juga biasanya dijadikan sebuah pertimbangan.

Jelas sekali bahwa peluang sangat besar dimiliki oleh Ganjar Pranowo untuk bisa terus merebut hati dari seluruh masyarakat dari berbagai kalangan elemen di Minangkabau Sumatera Barat (Sumbar). Sosoknya dinilai sangat ideal untuk menjadi pemimpin sekaligus penerus Presiden Joko Widodo mendatang.

)* Penulis adalah kontributor Gabungan Aksi Ganjar Pranowo Menang (GAGASAN)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda