PDIP Gelar Rakernas IV, Kedaulatan Pangan dan Kesejahteraan Jadi Fokus Pembahasan - BERITA KALIMANTAN

Jumat, 29 September 2023

PDIP Gelar Rakernas IV, Kedaulatan Pangan dan Kesejahteraan Jadi Fokus Pembahasan

Jakarta - PDI Perjuangan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV. Acara yang mengusung tema "Kedaulatan Pangan untuk Kesejahteraan Rakyat" itu dihelat di Komplek Jakarta International EXPO, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputeri mengatakan, PDIP tidak akan pernah menyerah dalam memperjuangkan kedaulatan pangan, dan petani memiliki orientasi kebijakan terpenting. Kedepan, lanjut Megawati,  akan menjadi lambang supremasi kepemimpinan Indonesia bagi dunia.

“Ekonomi politik pangan harus menempatkan petani dan nelayan sebagai prioritas kebijakan, kata Megawati, Jumat (29/9)

Capres dari PDIP, Ganjar Pranowo mengatakan, Rakornas PDI Perjuangan selalu membahas apa yang menjadi kebutuhan terkini rakyat Indonesia. Politik pangan, kata Ganjar, sangat penting karena menyentuh setiap aspek kehidupan.

“Maka dari itu dengan berdiri bersama petani dan nelayan maka bisa mempercepat perwujudan kedaulatan pangan,” kata Ganjar.

Ganjar juga menekankan bahwa negara harus selalu memastikan petani dan nelayan menjadi tuan rumah di negeri sendiri dalam upaya mewujudkan ketahanan pangan. Pangan merupakan instrumen pokok dalam membangun dan mencerdaskan bangsa.

“Karena itu, Ideologi Pancasila harus selalu dipegang teguh dalam pembangunan, khususnya mengenai kedaulatan pangan,”tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ganjar menyebut pengembangan teknologi pertanian harus dimodernisasi, lahan subur harus dijaga dan tidak boleh dikonversi. Selain itu, Ilegal Fishing harus menjadi musuh bersama karena telah merugikan rakyat dan negara.

“Bantuan insentif bagi nelayan dan petani harus diteruskan utk menstimulus produksi. Generasi muda dan perguruan tinggi harus dilibatkan secara penuh dalam upaya mewujudkan kedaulatan pangan,” tutur Ganjar.

Sebelumnya, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyebut bahwa dalam Rakernas dibahas sejumlah hal penting, khususnya terkait dengan tema yang ditetapkan sebab memang saat ini pangan sangat penting karena menyangkut hak hidup manusia.

“Jika terkait pangan, bukan hanya membicarakan bahan makanan atau bahan pokok, namun juga pemberdayaan petani serta teknologi tepat guna bagi kepentingan petani untuk meningkatkan produksinya,” ujar Hasto.

Rakernas IV pada 29 September hingga 1 Oktober 2023 ini merupakan bagian dari konsolidasi setelah ditetapkannya semua calon legislatif (caleg) Partai PDIP tersebut sekaligus dalam rangka memperingati Hari Tani yang jatuh pada 24 September. Namun, secara keseluruhan, PDIP juga membahas rencana atau agenda selama lima tahun kedepan.

*

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda