Dianggap Paling Layak Menjadi Presiden 2024, Ketua Ponpes Seluruh Sumatera Barat Dukung Penuh Ganjar Pranowo - BERITA KALIMANTAN

Kamis, 05 Oktober 2023

Dianggap Paling Layak Menjadi Presiden 2024, Ketua Ponpes Seluruh Sumatera Barat Dukung Penuh Ganjar Pranowo

Oleh : Benny Syahputra)*

Dianggap menjadi sosok yang paling layak untuk bisa menjadi seorang Presiden pada tahun 2024 mendatang, Ketua Pondok Pesantren (Ponpes) di wilayah seluruh Sumatera Barat (Sumbar) memberikan dukungan penuh kepada Ganjar Pranowo dalam kontestasi Pilpres 2024 mendatang.

Calon Presiden (Capres) yang diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Ganjar Pranowo memang disebut oleh banyak pihak sebagai sosok pemimpin yang sangat ideal, yang mana dirinya sejauh ini sudah sangat sesuai dengan bagaimana kriteria atau karakter pemimpin yang selama ini dicari oleh masyarakat, utamanya dari Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Terkait dengan pernyataan tersebut, Direktur Eksekutif Akademi Rumah Bangsa, Afrifan Eldo Yura mengungkapkan bahwa dalam diri pemimpin yang identik dengan rambut putihnya itu telah terdapat beberapa konsep yang menjadi patokan bagi masyarakat di Tanah Minang untuk mencari sosok pemimpin.

Setidaknya terdapat 3 (tiga) konsep yang dimiliki oleh masyarakat Sumatera Barat ketika hendak mencari sosok pemimpin yang paling ideal menurut mereka, yakni berpatokan bahwa pemimpin itu harus merupakan figur yang tokoh, takah dan tageh. Ternyata keseluruhan dari ketiga konsep itu ada pada diri Ganjar Pranowo.

Sebagai informasi bahwa memang masyarakat Sumbar merupakan golongan masyarakat yang bisa dikatakan bersifat religius, santun dan juga memiliki budaya dalam tataran adat yang selama ini telah tertuang ke dalam petatah petitih yang penuh akan makna sebagai bagian dari kepribadian yang sama sekali tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Tatkala menilai sosok seorang pemimpin yang ideal, mereka memiliki konsep tokoh, takah dan tageh, yang mana hal tersebut bukanlah sekedar pencitraan belaka. Dari ketiga konsep yang dimiliki oleh warga di Tanah Minang itu, maka mereka akan mampu melihat bagaimana kepribadian dan cara pemimpin tersebut bekerja, apakah dia memang orang yang tulus dan ikhlas atau bagaimana.

Sudah seyogyanya, seorang pemimpin memang merupakan sosok yang mampu untuk mengayomi dan juga peduli pada seua kepentingan yang dimiliki oleh masyarakat sebagai suatu amanah yang diembannya sebagai seorang pemimpin. Pemimpin tersebut juga hendaknya harus merupakan orang yang mampu memahami semua potensi serta memberikan kontribusi yang sangat positif dalam memajukan pembangunan suatu daerah yang dipimpinnya.

Jelas sekali, bahwa seluruh kriteria ideal yang selama ini diinginkan dan diidamkan oleh seluruh masyarakat di Sumatera Barat tersebut ada pada diri Ganjar Pranowo, lantaran dirinya merupakan seorang pemimpin yang sangat dekat dengan rakyatnya. Selain itu, kepemimpinannya juga selama ini telah teruji tatkala dirinya pernah duduk di kursi parlemen Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) hingga menjabat sebagai Gubernur di Provinsi Jawa Tengah (Jateng).

Pemimpin kelahiran Kabupaten Karanganyar tersebut memiliki karakter sebagai sosok yang cerdas, tegas, bersih dan juga memiliki visi yang sangat jelas dalam tata kelola pemerintahan yang dia lakukan. Selain itu, dirinya juga merupakan seorang yang sangat religius pula.

Maka dari itu, menjadi tidak heran mengapa Ketua Pondok Pesantren (Ponpes) di wilayah seluruh Sumatera Barat (Sumbar), Ustadz Akmal Hadi menilai bahwa sosok Ganjar Pranowo merupakan seorang pemimpin yang nasionalis, namun di sisi lain juga tetap dekat dengan pihak pesantren dan bahkan memiliki kedekatan khusus dengan para kyai.

Untuk itu, sosok pemimpin berusia 54 tahun tersebut mampu diterima oleh berbagai macam kalangan dan elemen masyarakat di luar sana dari seluruh pelosok negeri. Melihat bagaimana rekam jejak yang dimilikinya selama menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah selama dua periode atau sepuluh tahun terakhir ini, pembangunan juga sangat luar biasa terjadi di sana.

Dukungan sangat luar biasa menjadi terus mengalir tiada henti kepada nama Ganjar Pranowo. Begitupun, masyarakat juga menilai bagaimana kehidupan akan harmonisasi beragama yang berada di Jawa Tengah dinilai sangat baik, sehingga sudah tidak ada alasan lain lagi untuk tidak mendukung sosoknya.

Kecerdasan hingga kewibawaan yang dimiliki oleh kader dari Partai Politik (Parpol) pimpinan Megawati Soekarnoputri itu juga sangat mumpuni, meski dirinya memiliki tampilan serta gaya yang sebenarnya bisa dinilai cukup sederhana dan merakyat. Ibarat sudah menjadi sebuah paket yang komplit, sosok pemimpin tersebut bukan hanya cerdas, namun juga merakyat sehingga mampu diterima oleh seluruh lapisan elemen masyarakat karena pribadinya yang rendah hati.

Memiliki beragam kelebihan jika dibandingkan dengan seluruh kandidat dalam kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) lainnya, Ganjar Pranowo terus mendapatkan dukungan dari banyak sekali kalangan dan pihak masyarakat, termasuk diantaranya adalah Ketua Ponpes se-Sumatera Barat. Dirinya dianggap menjadi sosok yang memang paling layak untuk bisa menjadi Presiden pada tahun 2024 mendatang.

)* Penulis adalah kontributor Forum Literasi Kota Padang

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda