Ganjar Pranowo Miliki Kedekatan dan Hubungan Erat dengan Para Ulama serta Tokoh NU - BERITA KALIMANTAN

Selasa, 03 Oktober 2023

Ganjar Pranowo Miliki Kedekatan dan Hubungan Erat dengan Para Ulama serta Tokoh NU

JAKARTA — Ganjar Pranowo dinilai memang memiliki kedekatan secara khusus serta hubungan yang erat dengan para ulama dan juga para tokoh dari Nahdlatul Ulama (NU).

Bahkan beberapa survei dengan sangat tegas menunjukkan bagaimana posisi keunggulan elektabilitas dari pemimpin berambut putih itu yang terus unggul di kalangan pada pemilih warga Nahdliyin, utamanya di Jawa Timur.

Libang Kompas sempat merilis hasil survei bahwa meski setelah pendeklarasian Anies Baswedan dengan Muhaimin Iskandar, namun tetap angka elektoral dari Ganjar Pranowo menjadi yang paling tinggi, yakni sebesar 25,6 persen.

Pakar Komunikasi Politik, Ratna Puspita kemudian menilai bahwa memang sosok pemimpin kelahiran Kabupaten Karanganyar itu memiliki kedekatan tersendiri dengan NU.

"Dari tiga nama bakal calon presiden, Ganjar Pranowo memiliki keuntungan dalam relasinya dengan organisasi masyarakat (ormas) Islam terbesar di Indonesia itu," terangnya.

Bukan hanya itu, namun istri dari Ganjar Pranowo, yakni Siti Atiqoh juga merupakan cucu Kyai NU terkemuka di Probolinggo, yang mana berarti kedekatan pemimpin itu dengan kalangan Nahldiyin memang terjadi sejak lama.

“Posisi ini menjadikan Ganjar sebagai bagian dari keluarga NU dan Nahdliyin,” jelas Ratna.

Salah satunya adalah, Ganjar Pranowo pernah belajar memajukan pendidikan keagamaan bersama dengan pengsuh Ponpes Girikusumo, KH. Munif Zuhri dan juga rajin melakukan sowan ke Ponpes Raudlatul Thalibin bertemu dengan Gus Mus.

Sementara itu, Himpunan Santri Nusantara (Hisnu) mengaku bahwa pihaknya sama sekali tidak khawatir dengan pergerakan dari Cak Imin dan terus beroptimis seluruh warga NU di Jatin tetap mendukung Capres dari PDI Perjuangan itu.

Koordinator Nasional Hisnu, Yusuf Hidayat bahkan terus berupata untuk bisa meningkatkan elektabilitas Ganjar Pranowo di Jatim hingga lebih dari 65 persen. Selain itu, dirinya juga menegaskan bahwa mayoritas kalangan santri dan Nahdliyin mendukung Ganjar.

Hisnu sebagai kelompok relawan dari pemimpin berusia 54 tahun itu memang juga terus berupaya menggencarkan sosialisasi secara masif melalui banyak kegiatan bermanfaat di tengah masyarakat.

"Kita memiliki target untuk membangun jejaring hingga ke tingkat perkampungan atau desa,” tegas Yusuf.

Sebagai informasi, Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi dalam hasil survei yang dilakukan pada periode tanggal 14 hingga 20 September 2023 mengungkapkan bahwa warga Jawa Timur memang memilih Ganjar Pranowo.

"Jadi kalau kita tanya melalui simulasi 34 nama, maka 38,6 persen warga Jatim mengaku akan memilih Ganjar Pranowo. Kemudian 28,3 persen memilih Prabowo Subianto dan Anies Baswedan 11,2 persen," jelasnya.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda