Miliki Banyak Prestasi, Tokoh Adat Sumbar Sepakat Beri Dukungan Ganjar-Mahfud - BERITA KALIMANTAN

Sabtu, 25 November 2023

Miliki Banyak Prestasi, Tokoh Adat Sumbar Sepakat Beri Dukungan Ganjar-Mahfud

Oleh : Faisal Hakim )*

Para tokoh adat di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) bersepakat untuk memberikan dukungan penuh pada pasangan Ganjar-Mahfud. Dengan terus mengalirnya dukungan dari berbagai macam latar belakang kalangan tersebut menjadikan elektabilitas dari Pasangan Calon (Paslon) nomor urut tig aitu masih terus kuat, terlebih lantaran keduanya dinilai memang berhasil menunjukkan kerja nyata dan pengalamannya dalam memimpin selama ini.

Salah satu Lembaga survei independen, Polling Institute merilis hasil survey terbaru yang mereka lakukan terkait dengan bagaimana angka electoral dari pasangan Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) pada pesta demokrasi dan kontestasi politik tahun 2024 mendatang.

Dalam simulasi diantara dua pasangan calon atau secara head-to-head antara pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD melawan pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, terlihat jelas keunggulan berada pada pasangan yang diusung oleh koalisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) itu.

Diketahui bahwa hasil jajak pendapat tersebut dirilis pada hari Kamis, tanggal 23 November 2023, dengan pemilihan sampel dalam survei dilakukan melalui metode random digit dialing (RDD). Sebagai informasi, RDD sendiri merupakan suatu Teknik memilih sampel melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak.

Dengan menggunakan Teknik RDD tersebut, sampel yang diteliti adalah sebanyak 1.496 responden yang dipilih melalui proses pembangkitan nomor telepon acak, validasi dan screening. Margin of error pada survey itu diperkirajan sekitar 2,6 persen pada tingkat kepercayaan hingga sebesar 95 persen.

Pada periode survey tanggal 25 hingga 28 Oktober 2023, pasangan Ganjar-Mahfud mampu unggul dengan elektabilitas sebesar 46,9 persen. Kemudian keunggulan juga Kembali berhasil dicetak pasangan tersebut dalam periode survey lain pada tanggal 15 hingga 17 November 2023, yakni dengan angka electoral sebesar 41,4 persen.

Angka tersebut dinilai lantaran adanya beberapa basis pendukung dari pasangan Prabowo Subainto dan Gibran Rakabuming Raka telah berpindah arah dukungan kepada Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

Sementara itu, validasi dari bagaimana elektabilitas yang memang masih kuat dimiliki oleh paslon nomor urut tiga tersebut secara langsung dan nyata di lapangan ditunjukkan dengan adanya dukungan penuh dari para tokoh adat di Tanah Minang. Merek  semua telah bersepakat untuk memberikan dukungannya lantaran menilai kedua tokoh bangs aitu telah mencetak banyak pencapaian yang sangat nyata.

Tidak bisa dipungkiri bahwa rekam jejak yang dimiliki, baik oleh Ganjar Pranowo ataupun Mahfud MD sendiri sama sekali tidak bisa dipandang dengan sebelah mata. Pasalnya, Ganjar pernah menjabat sebagai Gubenur di Provinsi Jawa Tengah (Jateng) selama dua periode dan juga pernah menjabat sebagao Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) dua periode pula.

Untuk pasangannya sendiri, yakni Mahfud MD pada periode kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat ini, dirinya menjabat sebagai Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam RI) dan sebelumnya pernah menjabat sebagai Ketua di Mahkamah Konstitusi (MK).

Maka dari itu, Para tokoh adat dan para ulama di Sumatera Barat menilai bahwa kedua tokoh bangsa itu sudah sangat layak dan mumpuni untuk memimpin bangsa ini dalam membentuk bagaimana arah masa depan negara ke depannya.

Sejumlah tokoh adat dan para ulama yang terkemuka di Tanah Minang telah dengan sangat tegas mengungkapkan dukungan penuh mereka. Kepada sosok Ganjar Pranowo sebagai Presiden Indonesia kedelapan. Sallah satu dukungan tersebut datang dari tokoh ulama berpengaruh di Sumbar, yakni Tuanko Bagindo Muhammad Letter yang mengaku alasan dirinya memberikan dukungan untuk pemimpin yang identic dengan rambut berwarna putih tersebut adalah karena selama ini banyak prestasi cemerlang telah diraihnya.

Kemampuan dan pengalaman dari pasangan Mahfud MD tersebut sama sekali tidak bisa terbantahkan lagi dalam memimpin, karena dia telah duduk di bangku jabatan strategis, baik itu pada ranah eksekutif hingga legislative. Selain itu, tokoh adat Sumbar tersebut juga menilai bahwa Ganjar mampu membangun bangsa dan budaya.

Jelas sekali bahwa dengan adanya pernyataan dukungan itu, maka bisa dikatakan bahwa pasangan Ganjar-Mahfud sudah mampu untuk memenangkan hati dari sebanyak ratusan ulama di Tanah Minang. Terlebih, dukungan juga mengalir dari Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM), Fauzi Bahar yang menilai bahwa kedua tokoh bangs aitu merupakan individu yang sederhana, jujur dan memiliki simpati besar pada Masyarakat kelas bawah.

Sudah sangat lama, karakter yang dimiliki oleh Ganjar Pranowo memang demikian, sehingga hal itu dinilai bukanlah merupakan sebuah upaya pencitraan belaka. Sejak menjabat sebagai Gubernur di Jawa Tengah, dirinya memang sangat tulus dan mampu memahami kehidupan masyarakat kelas bawah.

Karena banyak sekali kelebihan yang dimiliki oleh pasangan Capres dan Cawapres Ganjar Mahfud tersebut, tidak mengherankan mengapa elektabilitas mereka bisa terus meningkat dan sampai saat ini masih tetap kuat. Mereka telah berhasil menunjukkan kerja nyatanya dan memikat hari dari para tokoh adat di Sumatera Barat.

)* Penulis adalah kontributor Forum Literasi Sawahlunto

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda