Miliki Gagasan Pembangunan SDM, Kyai dan Ulama Sumbar Optimis Ganjar Menang - BERITA KALIMANTAN

Senin, 27 November 2023

Miliki Gagasan Pembangunan SDM, Kyai dan Ulama Sumbar Optimis Ganjar Menang

Oleh : Ferry Kurniawan )*

Kalangan kyai dan juga ulama di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) sangat optimistis bahwa Ganjar Pranowo akan mampu memenangkan kontestasi politik dalam Pemilihan Presiden pada tahun 2024 mendatang. Pasalnya, mereka menilai bahwa sosok pemimpin masa depan bangsa itu memiliki gagasan mengenai pembangunan sumber daya manusia (SDM) untuk semakin mengembangkan kualitas manusia di Indonesia.

Calon Presiden (Capres) nomor urut tiga yang diusung oleh koalisi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) tersebut menegaskan bahwa sumber daya manusia (SDM) memang menjadi prioritas utama dalam pembangunan Indonesia menuju negara yang unggul bahkan di mata dunia.

Dirinya bahkan menyebutkan bahwa investasi dalam SDM merupakan kunci yang sangat penting untuk bisa mencapai targer akan Indonesia Unggul pada tahun 2045 mendatang. Maka dari itu, Ganjar juga menggarisbawahi terkait dengan bagaimana pentingnya pembangunan SDM yang tidak hanya terjadi di perkotaan serta sentra industri saja, melainkan juga harus terus digalakkan di tingkat desa.

Dalam pandangan mantan Gubernur di Provinsi Jawa Tengah (Jateng) selama dua periode itu, bahwa pembangunan di desa memang memiliki peran yang sangat strategis dalam membentuk generasi yang unggul. Sebagai salah satu contohnya, dirinya memaparkan sebuah kasus ketika seorang mahasiswi asal Papua tidak mampu membayar uang pendidikan, dan kemudian langsung diresponnya dengan cepat dengan memberikan kesempatan bagi mahasiswi tersebut untuk bisa menyelesaikan studinya.

Kemudian Ganjar Pranowo berpesan kepada sang mahasiswi agar nantinya setelah dia lulus langsung diinstruksikan untuk kembali ke desanya dan menjadi aktivis untuk bisa membantu akan pembangunan wilayahnya. Karena dengan bekal ilmu pendidikan yang tekah diterimanya secara tuntas di perguruan tinggi, maka generasi muda tersebut mampu membangun daerahnya sendiri untuk terus tumbuh.

Selain itu, pasangan dari Mahfud MD dalam Pilpres 2024 mendatang itu juga menyampaikan adanya sejumlah langkah konkret yang telah dilakukannya, yakni dengan merancang stimulus berupa adanya program ‘1 Desa 1 BLK (Balai Latihan Kerja)’. Dengan adanya program tersebut, maka diharapkan dapat memastikan adanya akses pelatihan kerja bagi masyarakat di desa, sehingga setelah mereka lulus mampu langsung memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pekerjaan.

Pemimpin yang identik dengan rambut berwarna putih itu menunjukkan bagaimana kepedulian besarnya terhadap desa melalui adanya pembangunan sumber daya manusia (SDM) di desa karena dirinya sangat yakin bahwa dengan adanya pemberdayaan di desa, menjadi kunci utama menuju Indonesia yang unggul.

Berbicara mengenai pembangunan SDM di desa, menurutnya tidak hanya sekedar berupaya untuk menciptakan para generasi muda yang unggul secara akademis saja, melainkan juga mampu memotivasi mereka untuk bisa kembali lagi ke dewa atau wilayahnya dan menjadi agen perubahan.

Dengan betapa besarnya kepedulian pasangan Ganjar-Mahfud pada generasi muda dan juga komitmen kuat mereka untuk pembangunan SDM, menjadikan para ulama dan kyai di Sumatera Barat sangat optimistis bahwa duet tersebut jelas akan mampu memenangkan kontestasi politik dalam Pemilihan Presiden mendatang.

Ulama Kharismatik di Tanah Minang, Tuanku Bagindo Muhammad Letter menjelaskan bahwa sosok kedua tokoh bangsa itu merupakan pemimpin masa depan bangsa yang memiliki kinerja sangat luar biasa dan juga berbagai macam program yang jelas akan mewujudkan Indonesia unggul.

Keduanya dinilai telah sangat banyak memiliki pengalaman dalam hal mengayomi masyarakat, terlebih bagaimana kemampuan mereka dalam memimpin, mulai dari tingkat legislatif hingga eksekutif juga sama sekali tidak bisa diragukan. Tentunya seluruh hal itu menjadi modal yang sangat berharga bagi mereka untuk membangun bangsa ke depannya.

Terlebih, pasangan calon (Paslon) nomor urut tiga tersebut juga memiliki visi mengenai Indonesia Unggul,nyang mana jelas sangat bertekad untuk semakin mewujudkan bangsa ini agar bisa menjadi sebuah negara yang bahkan mampu memimpin dan mengungguli bangsa lain di kancah dunia.

Sementara itu, Ketua Pondok Pesantren (Ponpes) di Sumatera Barat, Ustadz Akmal Hadi juga mengaku bahwa dirinya selama ini sudah banyak sekali melihat akan bagaimana kecerdasan dan kewibawaan yang dimiliki oleh pasangan Ganjar-Mahfud. Menurutnya, seluruhnya sudah sangat sesuai dengan jiwa rakyat selama ini, terlebih pemimpin itu juga dinilai sebagai figur yang sangat nasionalis, humanis serta religius.

Terkait dengan upaya pengembangan SDM, para kyai, ulama dan masyayikh di seluruh wilayah Sumatera Selatan dan Sumatera Barat menyampaikan pula aspirasi mereka kepada Ganjar Pranowo untuk bisa semakin memajukan ponpes di masa depan. Kepadanya, kyai hingga masyayih itu menyampaikan akan penerapan UU Nomor 18 Tahun 2019 tentang pesantren yang dinilai masih belum maksimal, dan jelas akan mampu semakin dimaksimalkan oleh Ganjar-Mahfud ke depannya.

Lantaran memiliki banyak sekali gagasan mengenai pembangunan sumber daya manusia (SDM), kyai dan ulama di Sumatera Barat sangat optimistis bahwa pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD akan mampu memenangkan Pilpres 2024 mendatang.

)* Penulis adalah kontributor Forum Literasi Sawahlunto

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda