Pemimpin Peduli Lingkungan, Ganjar Pranowo Inspirasi bagi Pemuda Sumbar - BERITA KALIMANTAN

Selasa, 21 November 2023

Pemimpin Peduli Lingkungan, Ganjar Pranowo Inspirasi bagi Pemuda Sumbar

Oleh : Faisal Rahman )*

Sosok Ganjar Pranowo mampu menginspirasi bagi segenap para pemuda di Kota Pariaman, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) sehingga mereka juga tergerak hatinya untuk turut serta berperan aktif dalam melestarikan lingkungan sekitarnya. Hal tersebut dikarenakan mereka menilai bahwa figur pemimpin masa depan bangsa itu merupakan seorang pemimpin yang sangat peduli pada lingkungan.

Terdapat kegiatan penanaman bibit mangrove yang digagas oleh sukarelawan Orang Muda Ganjar (OMG) Sumatera Barat. Adanya kegiatan tersebut kemudian mendapatkan respons yang sangat luar biasa baik dari masyarakat di Tanah Minang. Adapun penanaman bibit mangrove tersebut dilakukan di Talao Apar Pantai Penyu, Desa Apar, Kecamatan Pariaman Utara, Kota Pariaman.

Salah satu peserta bernama Vika Tri Rizkita mengaku bahwa dirinya sangat senang lantaran bisa mengikuti seluruh kegiatan penanaman bibit mangrove itu. Menurutnya dengan adanya hal yang sangat positif demikian akan semakin memberikan dampak bagi keberlangsungan lingkungan.

Menurutnya, kegiatan seperti itu memang harus mampu untuk terus dilakukan karena jelas akan semakin membuat ekosistem, khususnya di Talao Apar Pantai Penyu bisa menjadi semakin membaik. Maka dari itu, dirinya sangat berharap agar kegiatan serupa bisa dilakukan secara berkelanjutan, terlebih dia juga mengajak kepada lebih banyak anak muda untuk semakin mencintai lingkungan.

Sementara itu, Koordinator Wilayah (Korwil) OMG Sumbar, Muhammad Fajri mengatakan bahwa kegiatan penanaman bibit mangrove yang dilakukan oleh para sukarelawan tersebut tentunya karena pihaknya sangat terinspirasi dari bagaimana sosok Ganjar Pranowo. Dirinya menganggap bahwa pemimpin yang identik dengan rambut berwarna putihnya itu merupakan sosok tokoh bangsa yang sangat peduli terhadap lingkungan.

Pria yang juga pernah menjabat sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) selama dua periode pula itu dinilai sebagai pemimpin masa depan bangsa yang memiliki kepedulian sangat besar terhadap bagaimana upaya untuk menjaga kelestarian lingkungan, termasuk juga menjaga keindahan Indonesia.

Muhammad Fajri kemudian mengaku sangat senang pula karena bagaimana kegiatan yang telah digagas oleh pihaknya, yakni OMG Sumatera Barat ternyata mampu mendapatkan respon yang sangat baik dari masyarakat setempat dan dinilai oleh warga sebagai kegiatan yang sangat positif serta mampu berdampak secara langsung bagi kebaikan lingkungan.

Tidak lupa juga, seluruh masyarakat di Kota Pariaman, Sumatera Barat menjadi sangat antusias dan memberikan apresiasi karena mereka bisa berdamai dengan pemuda Pariaman untuk berperan langsung dalam menunjukkan kepeduliannya terhadap lingkungan.

Di sisi lain, pasangan Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) Republik Indonesia nomor urut tiga, yakni Ganjar Pranowo dan Mahfud MD memang memiliki komitmen yang sangat kuat untuk terus mampu menjaga akan kelestarian lingkungan. Komitmen tersebut bahkan mereka tujukan dengan terus melakukan pemeliharaan hutan, pemangkasan polusi udara dari emisi kendaraan dan industri.

Bahkan, pasangan duet yang diusung oleh koalisi PDI Perjuangan tersebut juga sangat menginginkan adanya pembatasan pada penggunaan plastik, serta adanya transisi energi menuju ke net zero emission.

Seluruhnya telah termaktub dengan sangat jelas dalam visi dan misi pasangan Ganjar-Mahfud mengenai moratorium deforestasi dan upaya untuk terus mempercepat adanya reforstasi, reboisasi, restorasi dan rehabilitasi. Mereka juga berkomitmen kuat untuk meningkatkan konservasi kawasan hutan sebagai sumber pangan lokal, memanfaatkan obat-obatan herbal, air, oksigen, fungsi klimatologis dan layanan alam bagi kehidupan masyarakat di sekitar hutan.

Terkait dengan bagaimana adanya komitmen sangat kuat untuk melestarikan lingkungan tersebut, pengamat politik dari Universitas Indonesia (UI), Ade Reza Hariadi memberikan apresiasi yang sangat tinggi kepada pasangan Ganjar-Mahfud, khususnya mengenai bagaimana komitmen mereka terkait dengan upaya untuk mengurangi gas emisi rumah kaca.

Pengamat tersebut bahkan menyebutkan bahwa dalam hal komitmen dalam melestarikan lingkungan, pasangan duet itu menjadi yang paling unggul jika dibandingkan dengan kandidat lainnya yang melaju pada kontestasi politik, dalam perhelatan Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2024 mendatang.

Bagi pasangan Ganjar-Mahfud yang memang berkeinginan untuk bisa mewujudkan Indonesia unggul dalam visi mereka, maka salah satu hal yang perlu difokuskan adalah mengenai ekonomi hijau dan lingkungan hijau. Maka dari itu, Ganjar Pranowo sendiri sempat menyinggung terkait dengan adanya kasus ISPA yang belakangan terjadi dan menyelimuti masyarakat Tanah Air.

Maka dari itu, untuk bisa merealisasikan Indonesia unggul tersebut, menurut suami Siti Atiqoh itu sangat penting untuk adanya visi serta misi yang besar dalam hal ekonomi, bangsa ini harus mampu berdiri di bawah kakinya sendiri (berdikari). Sehingga seluruh sumber daya manusia (SDM) yang unggul kualitasnya juga harus mampu dipersiapkan dengan matang.

Dianggap sebagai sosok pemimpin masa depan bangsa yang sangat peduli pada lingkungan dan kelestariannya, Ganjar Pranowo mampu menjadi inspirasi bagi segenap kaum pemuda di Kota Pariaman Sumatera Barat (Sumbar) sehingga mereka mengadakan acara melakukan penanaman bibit mangrove.

)* Penulis adalah kontributor Forum Literasi Sawahlunto

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda