Gelar Rakernas IV, PDIP Tawarkan Konsepsi Kedaulatan Pangan - BERITA KALIMANTAN

Minggu, 01 Oktober 2023

Gelar Rakernas IV, PDIP Tawarkan Konsepsi Kedaulatan Pangan

Oleh : Ali Zunair Abbas )*

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP berkomitmen untuk terus membangun konsepsi Indonesia maju dan sejahtera. Salah satu hal tersebut diwujudkan dalam kegiatan Rakernas IV yang digelar selama tiga hari di JI-Expo Kemayoran, Jakarta Pusat. Adapun acara tersebut digelar mulai 29 September 2023 hingga 1 Oktober 2023 yang juga dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, antara lain Presiden Joko Widodo, Wapres Ma’ruf Amin, Capres PDIP Ganjar Pranowo, pemengaruh (influencer), selebritas, hingga sejumlah elit Pemerintahan.

Rakernas PDI Perjuangan ke IV sendiri mengambil tema “Kedaulatan Pangan Untuk Kesejahteraan Rakyat" dengan subtema "Pangan Sebagai Lambang Supremasi Kepemimpinan Indonesia Bagi Dunia".  Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto menegaskan pentingnya pangan bagi kehidupan bangsa. Bahkan isu tersebut juga menyangkut tentang martabat bangsa.

Sekjen PDI Perjuangan itu menerangkan bahwa persoalan pangan tidak serta merta berkaitan dengan lumpur dan pangan itu juga tidak berkaitan dengan kemiskinan. Menurutnya, pangan itu berkaitan dengan harga diri, martabat, dan kepemimpinan Indonesia bagi dunia.

Terkait dengan topik Rakernas ke IV, Hasto menjelaskan bahwa PDIP ingin mengutarakan bahwa PDIP menjadi partai yang punya narasi tentang masa depan, tidak hanya mengurus tentang pencapresan semata.

Dalam forum yang digelar pada akhir September itu juga menunjukkan, PDIP menjadi partai yang siap membawa konsepsi Indonesia pada masa mendatang. Hal tersebut juga yang akan menjadi fokus dari calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang diusung pihaknya.

Hasto menjelaskan bahwa para Capres dan Cawapres harus memiliki konsepsi tentang masa depan. Sebab, Capres dan Cawapres yang hanya berbasis kepintaran dalam memainkan kata-kata atau berbasiskan suatu ambisi untuk mengantar kekuasaan tanpa suatu narasi tentang konsepsi masa depan, maka ia adalah aktor politik yang siap melakukan apapun demi elektoral.

Tak hanya itu, Hasto juga menyampaikan pesan dari Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri. Dalam hal ini, Presiden ke-5 RI itu terus menegaskan pesan bahwa masyarakat Indonesia bisa adil dan makmur melalui pangan.

Dalam pidatonya di Rakernas IV PDIP, Megawati Soekarnoputri menuturkan bahwa PDIP menawarkan konsepsi kedaulatan pangan dalam Pemilu 2024. Ia menegaskan PDIP tidak akan menyerah dalam menjalankan politik kedaulatan pangan tersebut. Itu merupakan komitmen pokok partai pada pemerintahan yang akan datang dengan memenangkan Pileg dan Ganjar Pranowo sebagai Presiden ke-8 RI.

Putri Proklamator Kemerdekaan RI Soekarno alias Bung Karno itu juga mengingatkan kepada para kader partai, seluruh simpatisan di mana pun berada, sukarelawan bahwa rakyat adalah cakrawati perjuangan. Dia menyatakan bahwa PDIP telah teruji oleh gemblengan sejarah yang begitu hebat dan menyakitkan khususnya ketika masa Orde Baru.

Megawatipun mengimbau para kadernya agar tidak gentar sedikitpun menghadapi berbagai kepungan dan manuver politik praktis yang hanya sekadar menggunakan keinginan kekuasaan sebagai tujuan. Ia juga berpesan agar para kader PDIP berpolitik dengan seluruh semangat dan Nurani, serta setia kepada rakyat.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menilai tema Rakernas IV PDIP sangat relevan dengan kondisi yang dihadapi Indonesia saat ini. Dalam kesempatan tersebut, Jokowi berpesan kepada Capres PDIP Ganjar Pranowo agar merencanakan kedaulatan pangan mulai sekarang, agar begitu menang dan dilantik bisa langsung menangani masalah tersebut, sehingga swasebada dan kedaulatan pangan bisa dimiliki Indonesia. Jokowi yakin bahwa Ganjar mampu memiliki visi taktis dalam menyelesaikan masalah tersebut jika menjadi Presiden RI pada 2024.

Dalam Rakernas IV PDIP tersebut, sejumlah pemengaruh (influencer) dan selebritas, seperti Denny Cagur, Lucky Perdana, dan Tina Toon ikut memberikan testimoni. Para selebritas tersebut akan membagikan pengalaman mereka bagaimana menghadirkan kampanye politik yang kreatif. Di sesi lainnya, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Komisaris Jenderal (Purn) Firli Bahuri menyampaikan pemaparan terkait peran partai politik dalam pengawasan dan pencegahan politik uang menjelang Pemilu serentak 2024. Sementara itu, di area pameran pangan ada talkshow dengan tema "UMKM Kuliner dan Kedaulatan Pangan". Sementara itu, Ketua Bidang Politik DPP PDIP Puan Maharani turut memberikan pengarahan terkait pemenangan Pilpres dan Pileg 2024.

Disisi lain, sosok Ganjar Pranowo sendiri sudah sangat dipercaya masyarakat sebagai satu-satunya figur pemimpin yang dapat melanjutkan kepemimpinan Presiden Jokowi. Sebab, sosok berambut putih itu sudah berpengalaman dalam memimpin Provinsi Jawa Tengah dan terbukti menurunkan angka kemiskinan di sana. Selain itu, beliau juga terbukti dicintai rakyat, dan optimis akan menang dalam Pilpres 2024.

Rakernas PDIP IV tidak saja membahas mengenai Pilpres, Pileg, dan Pilkada, tetapi juga beragam isu strategis terkait dinamika nasional. Dengan adanya forum tersebut, maka diharapkan berbagai gagasan dan solusi atas permasalahan bangsa dapat lahir dan menjadi rujukan dalam mengatasi setiap persoalan kebangsaan.

)* Penulis adalah kontributor Lentera Institute

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda